SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Self Esteem, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) SMP Negeri 4 Malang.

Anita Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni,Anita. 2010. Hubungan antara Self Esteem, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin, M.Pd (II) Dr. Triyono, M.Pd.

 

Kata Kunci : Self esteem, motivasi berprestasi, prestasi belajar.

 

Self esteem adalah bagaimana cara memandang dan merasakan diri sendiri yang kemudian akan mempengaruhi dalam berperilaku. Opini ini akan terbentuk melalui pengalaman dalam keluarga, sekolah, di sekolah, dari hubungan pertemanan dan lingkungan sosial. Perasaan self esteem seseorang sama dengan rasio pencapaian seseorang terhadap potensi orang itu untuk berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan suatu dorongan dari dalam diri individu untuk mencapai suatu nilai kesuksesan. Dimana nilai kesuksesan tersebut mengacu pada perbedaannya dengan suatu keberhasilan atas penyelesaian masalah yang pernah diraih oleh individu. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana self esteem dan motivasi berprestasi siswa PPST SMP Negeri 4 Malang dan prestasi belajar dalam perkembangannya dapat mencapai prestasi yang optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat self esteem pada diri siswa kelas VIII PPST SMP Negeri 4 Malang,(2) tingkat motivasi berprestasi siswa kelas VIII PPST SMP Negeri 4 Malang, (3) prestasi belajar siswa kelas VIII PPST SMP Negeri 4 Malang, (4) hubungan antara self esteem, motivasi berprestasi dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII PPST SMP Negeri 4 Malang, (5) sumbangan efektif antara self esteem, motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII PPST SMP Negeri 4 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional, dengan subjek penelitian berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket tertutup. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sedangkan untuk mengetahui hipotesis penelitian digunakan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) cukup banyak (55,9%) 19 orang mempunyai self esteem tinggi, cukup banyak (44,1%) 15 orang memiliki self esteem sedang dan tidak ada yang memiliki self esteem rendah; (2) sedikit (35,3%) 12 orang mempunyai motivasi berprestasi rendah, cukup banyak (41,1%) 15 orang mempunyai motivasi berprestasi sedang dan sedikit (23,6%) 7 orang mempunyai motivasi berprestasi tinggi; (3) sedikit (23,53%) 8 orang memiliki prestasi lebih baik, senahat sedikit (17,65%) 6 orang memiliki prestasi belajar baik,sedikit (38,23%) 13 orang dengan kategori prestasi belajar cukup baik , dan prestasi belajar yang tidak memenuhi SKM sedikit (20,59%) 7 orang; (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self esteem, motivasi berprestasi dan prestasi belajar pada siswa PPST SMP Negeri 4 Malang; (5) sumbangan efektif terbesar yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi berprestasi.

Dari hasil penelitian ini, maka disarankan kepada (1) Siswa: hendaknya berusaha untuk meningkatkan motivasi untuk lebih berprestasi dalam bidang akademik, namun juga mempertahankan tingkat self esteem yang sudah dimiliki, (2) Konselor: hendaknya konselor sekolah memberikan layanan informasi tentang pentingnya self esteem dan motivasi berprestasi bagi diri sehingga siswa lebih dapat meraih prestasi baik akademik dan non akademik, (3) Pihak sekolah: hendaknya melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang berhasilnya tingkat prestasi belajar bagi siswa PPST dalam hal akademik. Hendaknya tidak hanya menperhatikan prestasi bidang non akademik (bidang kesenian) semata, (4) Peneliti: peneliti hendaknya lebih teliti dalam penulisan skripsi ini dan lebih banyak membaca literatur yang berhubungan dengan self esteem, motivasi berprestasi dengan prestasi belajar.