SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Layanan Informasi Sekolah Lanjutan untuk Siswa SD di Kota Malang

Titis Indari

Abstrak


ABSTRAK

 

Indari, Titis. 2010. Pengembangan Paket Layanan Informasi Sekolah Lanjutan untuk  Siswa SD di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing:   (I) Dr. M. Ramli, M.A. (II) Dr. Hj.Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata kunci: layanan informasi, sekolah lanjutan, paket.

 

Siswa sebagai individu mempunyai potensi yang berbeda-beda. Informasi sekolah lanjutan perlu diberikan kepada siswa sebagai dasar  menetapkan keputusan untuk memilih sekolah lanjutan dengan melihat kondisi pilihan pendidikan yang semakin banyak. Terkait dengan pemilihan sekolah lanjutan, guru kelas mempunyai tugas untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pemilihan sekolah lanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memberikan layanan informasi sekolah lanjutan kepada siswa. Wajib Belajar (WAJAR) 9 tahun menjadi hal paling yang mendasari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan paket layanan informasi sekolah lanjutan untuk siswa SD di Kota Malang yang praktis dan efektif digunakan oleh guru kelas sebagai media pemberian informasi sekolah lanjutan. 

Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick & Carey. Tahap pengembangan paket meliputi: (1) penyususnan paket layanan informasi, (2) uji ahli BK, (3) uji ahli media dan bahasa (4) revisi dari uji ahli BK, ahli media, dan ahli bahasa (5)Uji coba calon pengguna produk, (6) revisi dari hasil uji coba calon pengguna produk (7) uji coba siswa. Penilaian dilakukan oleh ahli BK, ahli media dan bahasa yaitu dosen PGSD. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.

Berdasarkan penilaian ahli BK, ahli media dan ahli bahasa serta uji coba calon pengguna, paket layanan informasi ini sangat berguna bagi guru kelas dalam memberikan materi sekolah lanjutan. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan paket layanan informasi ini sangat mudah digunakan. Dari aspek kemenarikan, paket ini sangat  menarik dilihat dari bentuk penyajian materi yang mampu menarik perhatian siswa. Ditinjau dari aspek keakuratan paket ini akurat untuk digunakan oleh guru kelas dalam memberikan layanan informasi sekolah lanjutan

. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) guru kelas hendaknya memanfaatkan paket untuk meningkatkan layanan informasi sekolah melalui pembelajaran di kelas, (2) penelitian selanjutnya hendaknya melengkapi informasi sekolah lanjutan secara menyeluruh, khususnya informasi profil SMP dan MTs di Kota Malang dan perlu mengintegrasikan paket layanan informasi sekolah lanjutan ke dalam bentuk web agar siswa dapat lebih mudah mengakses bersama orang tua kapanpun dan dimanapun.