SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemahaman Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tentang Kehidupan Berkeluarga

Deka Wahyu Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Deka Wahyu. 2010. Pemahaman Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tentang Kehidupan Berkeluarga. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Elia Flurentin, M. Pd. (2) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A

 

Kata Kunci: Pemahaman, mahasiswa, kehidupan berkeluarga

 

Kehidupan berkeluarga merupakan suatu kenyataan yang amat kompleks dimana kehidupan berkeluarga dimulai dengan sebuah pernikahan. Pernikahan adalah ikatan resmi antara perempuan dan laki-laki sebagai pasangan suami-isteri, yang mempersatukan kedua pribadi dewasa itu secara menyeluruh. Kehidupan berkeluarga merupakan sesuatu yang terikat dengan ikatan, yang di dalamnya terkandung tanggungjawab dan komitmen terhadap pasangan hidupnya, yang jika dilanggar, konsekuensinya keluarga tidak akan tercipta harmonis. Pemahaman mahasiswa tentang kehidupan berkeluarga merupakan suatu pemikiran bagaimana mahasiswa mengerti, mengetahui, memahami dan mengenal suatu kehidupan dalam berkeluarga.

Tujuan penelitian adalah untuk: Mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tentang kehidupan berkeluarga.

Rancangan penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian adalah 10% dari seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dengan jumlah 410 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa inventori pemahaman mahasiswa tentang kehidupan berkeluarga dengan klasifikasi sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai, dan tidak sesuai. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tentang kehidupan berkeluarga dapat diketahui dari hasil persentase dan dideskripsikan sebagai berikut yaitu dari Jurusan BKP, TEP, AP, PLS , PAUD, dan PGSD pada angkatan 2007 diketahui bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang lebih memahami tentang kehidupan berkeluarga adalah pada Jurusan PGSD, sedangkan untuk angkatan 2008 dari Fakultas Ilmu Pendidikan pemahaman mahasiswa tentang kehidupan berkeluarga lebih banyak pada mahasiswa Jurusan PGSD. Untuk angkatan 2009 pemahaman tentang kehidupan berkeluarga lebih banyak di pahami oleh mahasiswa Jurusan BK dan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Dan untuk angkatan 2010 jurusan yang paling banyak memahami tentang kehidupan berkeluarga adalah pada Jurusan BKP dan Teknologi Pendidikan (TEP).

Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan kepada berbagai pihak: 1) Pihak UPT BK untuk memberi bimbingan tentang kesiapan dalam memilih menjalani kehidupan berkeluarga. Hal ini perlu diberikan baik diberikan dalam bentuk informasi maupun bimbingan secara langsung kepada mahasiswa. 2) Bagi mahasiswa hendaknya lebih banyak mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan berkeluarga yang akan dijalani nantinya. Sehingga perlu sekali mencari informasi tentang kehidupan berkeluarga demi kematangan pribadi saat akan menentukan pilihan untuk menikah dini atau menunda keinginan untuk menikah. 3) Bagi peneliti untuk peneliti lanjut diharapkan bisa meneruskan penelitian ini menjadi sebuah penelitian yang lebih mendalam