SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Bimbingan Pribadi untuk Pengenalan dan Akomodasi Emosi Berbasis Multimedia kepada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Malang

Indria Syaputri

Abstrak


ABSTRAK

 

Syaputri, Indria. 2010. Pengembangan Media Bimbingan Pribadi untuk Pengenalan dan Akomodasi  Emosi  Berbasis  Multimedia  kepada Siswa Kelas   VII   di   SMP   Negeri   3  Malang.   Skripsi,   Jurusan   Bimbingan Konseling dan Psikologi Program Studi Bimbingan dan Konseling. FIP. Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Dr.  Andi  Mappiare A.T., M.Pd. (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media, Bimbingan Pribadi, Pengenalan dan Akomodasi Emosi, dan Multimedia

 

Pelaksanaan   bimbingan   dan   konseling   sangat   memperhatikan perkembangan peserta didik diantaranya kematangan emosi siswa. Oleh karena itu peran   konselor   sangat   penting   dalam  pemberian   bimbingan   pribadi   tentang pengenalan dan akomodasi emosi terutama bagi remaja awal di SMP.

Beberapa   cara   dalam   pemberian   layanan   bimbingan   adalah   dengan ceramah dan permainan sederhana.  Agar pemberian layanan bimbingan menjadi bermakna   dan   mencapai   kompetensi   yang   diinginkan   adalah   dengan menggunakan   multimedia   yaitu  Macromedia   Flash   MX.   Olah   karena   itu, dilakukan   penelitian   pengembangan   dengan   rumusan   masalah   yaitu bagaimanakah   bentuk   dan   isi  multimedia   yang   dapat  memberikan   informasi bimbingan  mengenai   pengenalan   dan   akomodasi   emosi   yang   dapat  menarik perhatian   siswa   dan   dapat   memberikan   siswa   pembelajaran   mengenai perkembangan emosi.

Pengembangan  media   bimbingan  mengikuti   tahapan   pengembangan   1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, 2) analisis tujuan, 3) perumusan materi pembelajaran,  4)  penyusunan naskah,  5)  penyusunan alat  evaluasi,  6)  produksi media, 7) evaluasi dan revisi media. Uji coba produk dilakukan pada tiga subjek yaitu ahli materi,  ahli media,  dan responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan   dalam  pengembangan  media   bimbingan   berupa   angket.  Data   yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan prosentase. Sedangkan hasil belajar siswa dianalisis dengan mencari skor yang diperoleh dari latihan soal.

Berdasarkan   teknik   analisis   rata-rata   dari   hasil   validasi   kelayakan pengembangan  media   bimbingan   secara   keseluruhan  memiliki   rata-rata   nilai 85,01%.  Hal   ini  menunjukkan bahwa  media  yang dikembangkan cukup  layak digunakan   sebagai  media   bimbingan.   Produk   yang   dihasilkan   adalah  media bimbingan pribadi dengan materi pengenalan dan akomodasi emosi yang dikemas dalam CD (Compact Disc).

Berdasarkan    latihan soal  untuk mengukur  hasil  belajar  siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang, pada uji coba perseorangan perolehan nilai rata-rata dari 3 siswa   adalah   96,97  maka   kategorinya   adalah  A  dengan   interpretasi  "sangat menguasai/  memahami  materi".  Sedangkan untuk uji  coba  lapangan,  nilai   rata-rata  yang diperoleh dari  40  siswa   adalah 93.  Berdasarkan data   tersebut  dapat disimpulkan bahwa   siswa  sangat  memahami  dan menguasai  materi  bimbingan yang   diberikan   melalui   pengembangan   media   bimbingan   pribadi   untuk pengenalan dan akomodasi emosi.