SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER JARING-JARING KOMUNIKASI PEMANTAU KUALITAS AIR (JKPKA) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MALANG I

Dedy Kuswanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kuswanto, Dedy. 2010. Pengelolaan Ekstrakurikuler Jaring-jaring Komunikasi Pemantau Kualitas Air (JKPKA) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang I. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H.Ali Imron, M.Pd, M.Si, (II) Dra. Mustiningsih, M.Pd

 

Kata kunci :  pengelolaan ekstrakurikuler, jaring-jaring komunikasi pemantau kualitas air

 

Pengelolaan ekstrakurikuler memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengevaluasian, dan pengembangan segala upaya dalam mendayagunakan sumber daya manusia dan non manusia agar dapat tercapai tujuan ekstrakurikuler secara efektif dan efisien. Berbagai macam jenis eksrakurikuler yang dapat diikuti dan diminati oleh siswa, salah satunya ekstrakurikuler jenis baru ini yaitu Jaring-jaring Komunikasi Pemantau Kualitas Air (JKPKA). Ekstrakurikuler ini melakukan serangkaian kegiatan penelitian yang memantau secara berkala keadaan baik kualitas maupun kuantitas sumber daya air yang ada. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan kreatifitas serta menambah ilmu yang dimilikinya khususnya bidang penelitian. Penelitian berperan memberikan gambaran pengetahuan kepada masyarakat tentang pengelolaan layanan khusus yang ada di sekolah serta berupaya memberikan pengetahuan tentang pentingnya kualitas air bagi kehidupan manusia.

Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler JKPKA yang diselenggarakan di MAN Malang I, (2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler JKPKA yang diselenggarakan di MAN Malang I, (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler JKPKA yang diselenggarakan di MAN Malang I, (4) pengevaluasian kegiatan ekstrakurikuler JKPKA yang diselenggarakan di MAN Malang I.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kegiatan ekstrakurikuler JKPKA di MAN Malang I, pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler JKPKA di MAN Malang I, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler JKPKA di MAN Malang I dan pengevaluasian kegiatan ekstrakurikuler JKPKA di MAN Malang I.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Penelitian ini pengecekan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, sehingga memungkinkan peningkatan derajat kepercayaan data yang dikumpulkan. Dilakukan pula trianggulasi sumber dan metode, yaitu mengecek kebenaran data dengan membandingkan data dari sumber dan metode lain.

Analisis data dalam penelitian ini dibedakan menjadi analisis data di lapangan selama proses pengumpulan data dan analisis data setelah selesai pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil penyusunan perencanaan ekstrakurikuler JKPKA di MAN Malang I berupa program kerja selama satu periode kepengurusan, (2) pengorganisasian JKPKA di MAN Malang I menggambarkan tentang kedudukan atau wewenang secara hirarki dari setiap unit kerja, dan deskripsi tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan, (3) pelaksanaan ekstrakurikuler JKPKA adalah realisasi program-program yang ada dalam ekstrakurikuler JKPKA serta pelaksanaan latihan yang telah terjadwal sebelumnya, (4) pengevaluasian berupa penilaian kepada masing-masing anggota dan berupa laporan pertanggungjawaban di akhir periode jabatan, rapat koordiansi dewan harian dan rapat koordinasi umum.

Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah Kepala MAN Malang I hendaknya lebih mengembangkan program-program yang berkaitan dengan layanan khusus yang diberikan kepada siswa. Kepada pembina JKPKA MAN Malang I untuk selalu meningkatkan kegiatan pengelolaan ekstrakurikuler JKPKA yang sudah berjalan cukup baik. Kepada siswa di MAN Malang I, dengan pengelolaan ekstrakurikuler yang baik dapat memberikan motivasi kepada siswa dalam rangka peningkatan prestasi, baik itu di sekolah ataupun di luar sekolah. Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang untuk lebih memperbanyak pengembangan ilmu dan utamanya sering mengadakan sosialisasi dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat), seminar, simposium yang berhubungan dengan manajemen layanan khusus di sekolah/madrasah khususnya pentingnya ekstrakurikuler. Kepada masyarakat agar lebih aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah melalui layanan khusus yang ada, terutama pengetahuan tentang pentingnya kualitas air bagi kehidupan manusia di masa sekarang dan yang akan datang.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF