SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kualitas Layanan Registrasi Akademik dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pasuruan

Anita Tri Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Anita Tri. 2010. Hubungan Kualitas Layanan Registrasi Akademik dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pasuruan. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. Huda. AY, M.Pd, (II) Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd.

 

Kata kunci: kualitas layanan dan kepuasan 

 

Layanan registrasi akademik adalah bantuan yang diperuntukkan bagi mahasiswa STKIP PGRI Pasuruan untuk mendapatkan hak mengikuti perkuliahan pada semester tertentu. Tingkat kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan layanan yang diterima dengan layanan yang diharapkan. Dengan demikian kualitas layanan registrasi akademik mempunyai hubungan yang erat dengan tingkat kepuasan mahasiswa STKIP PGRI Pasuruan. Ini berarti, dengan kualitas layanan yang baik maka tingkat kepuasan mahasiswa akan tinggi pula

Penelitian ini membahas tentang hubungan kualitas layanan registrasi akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pasuruan. Dari latar belakang didapatkan tiga rumusan masalah penelitian yaitu: (1) bagaimanakah tingkat kualitas layanan registrasi akademik di STKIP PGRI Pasuruan?; (2) bagaimanakah tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan registrasi  akademik di STKIP PGRI Pasuruan?; (3) bagaimanakah hubungan antara kualitas layanan registrasi akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa di STKIP PGRI Pasuruan?.

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 937 mahasiswa, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 281 mahasiswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket, setelah data terkumpul kemudian diadakan pengolahan data secara terinci sebagai berikut: (1) pengecekan data; (2) penyeleksian data; (3) pengklasifikasian data; dan (4) tabulasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 281 responden menunjukkan bahwa sebanyak 122 responden menyatakan kualitas layanan registrasi akademik dalam kualifikasi baik dengan persentase 43,42%  dengan perolehan nilai mean sebesar 44,074  dan sebanyak 167 responden menyatakan tingkat kepuasan mahasiswa dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 59,43% dengan perolehan mean sebesar 124,95. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungn antara kualitas layanan registrasi akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa di STKIP PGRI Pasuruan, itu menunjukkan dengan hasil rhitung lebih besar dari pada r tabel (0,589 > 0,110).

Kesimpulan penelitian ini: kualitas layanan registrasi akademik di STKIP PGRI Pasuruan termasuk dalam kualifikasi baik, hal ini memberikan makna bahwa penyelenggaraan layanan registrasi akademik di STKIP PGRI Pasuruan berada pada taraf baik. Tingkat kepuasan mahasiswa di STKIP PGRI Pasuruan berada pada kualifikasi sangat tinggi. Terdapat hubungan signifikan kualitas layanan registrasi akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa di STKIP PGRI Pasuruan.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan: Bagi Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), kondisi kualitas layanan registrasi akademik yang berada kualifikasi baik ini hendaknya lebih ditingkatkan agar kualitas layanan registrasi akademik semakin baik. Bagi Jurusan Administrasi Pendidika, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk memperdalam pengetahuan bagi mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan yang sedang mempelajari matakuliah yang relevan dengan penelitian ini. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini lebih dikembangkan lagi melalui penelitian lebih lanjut dengan menggunakan objek dan variabel yang lain guna memperkaya ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.

 


Teks Penuh: DOC PDF