SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA LAYANAN AKADEMIK DAN KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMAN KOTA MALANG

ZSA ZSA NUR AZIZAH

Abstrak


ABSTRAK 

 

Azizah, Zsa Zsa Nur. 2017. Hubungan Antara Layanan Akademik Dan Kepuasan Peserta Didik Di SMAN Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Kusmintardjo, M. Pd. (II) Dr. Asep Sunandar, S. Pd. M. AP.

 

Kata kunci: kepuasan peserta didik, layanan akademik

 

Kepuasan peserta didik merupakan tingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Sekolah dituntut untuk menyediakan layanan yang berkualitas untuk memberikan kepuasan kepada peserta didik. Layanan akademik SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) di Kota Malang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan. Kegiatan akademik mendapat perhatian dari seluruh komponen yang terkait dalam lembaga pendidikan SMAN di Kota Malang. Layanan akademik sangat berkaitan erat dengan kualitas dan kepuasan peserta didik. Layanan akademik harus dapat memberikan layanan yang berkualitas serta memberikan kepuasan bagi peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kualitas layanan akademik SMAN di Kota Malang berdasarkan dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati; (2) mendeskripsikan tingkat kepuasan siswa terhadap layanan akademik SMAN di Kota Malang berdasarkan dimensi kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan kesediaan merekomendasikan; dan (3) mengetahui hubungan layanan akademik dan kepuasan siswa SMAN di Kota Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan teknik deskriptif korelasional sederhana. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 SMAN di Kota Malang yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, SMAN 9, dan SMAN 10 dengan jumlah populasi 9.264 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan proportional random sampling. Kemudian menggunakan formula Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 383 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 19 item pertanyaan dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas layanan akademik SMAN di Kota Malang berdasarkan dimensi bukti fisik cenderung cukup memuaskan. Tingkat kualitas layanan akademik SMAN di Kota Malang berdasarkan dimensi keandalan cenderung cukup memuaskan. Tingkat kualitas layanan akademik SMAN di Kota Malang berdasarkan dimensi daya tanggap SMAN di Kota Malang cenderung cukup memuaskan. Tingkat kualitas layanan akademik berdasarkan dimensi jaminan SMAN di Kota Malang cenderung cukup memuaskan. Tingkat kualitas layanan akademik berdasarkan dimensi empati SMAN di Kota Malang cenderung memuaskan.

Tingkat kepuasan peserta didik SMAN di Kota Malang berdasarkan dimensi kualitas layanan akademik SMAN di Kota Malang cenderung memuaskan. Tingkat kepuasan terhadap layanan akademik berdasarkan dimensi fasilitas layanan akademik SMAN di Kota Malang cenderung memuaskan. Tingkat kepuasan terhadap layanan akademik berdasarkan dimensi harapan terhadap layanan akademik SMAN di Kota Malang cenderung cukup memuaskan. Serta hubungan kualitas layanan akademik dan kepuasan peserta didik SMAN di Kota Malang, diperoleh besarnya korelasi 0,532 dengan signifikansi 0,000.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas layanan akademik berdasarkan dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berada pada kategori cukup memuaskan. Kepuasan peserta didik berdasarkan dimensi kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan kesediaan merekomendasikan berada pada kategori memuaskan, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan akademik dan kepuasan peserta didik SMAN di Kota Malang. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) bagi kepala sekolah sebaiknya tidak hanya berupaya meningkatkan kualitas layanan akademik melalui sarana dan prasarana saja melainkan pada peningkatan kualitas pendidik dan kependidikan sehingga peserta didik dapat terpenuhinya kepuasan terhadap layanan akademik di sekolah, (2) bagi tenaga pendidik diharapakan tidak hanya bisa dalam proses belajar mengajar dalam hal penyampaian materi saja tetapi dalam hal memenuhi kebetuhan setiap peserta didik serta membantu kegiatan belajar mengajar peserta didik di sekolah, (3) bagi tenaga kependidikan sebaiknya lebih tanggap dalam memenuhi kebutuhan peserta didik serta orang tua peserta didik terkait proses administrasi di sekolah, (4) bagi dinas pendidikan provinsi jawa timur diharapkan bisa menjadi tolak ukur Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk lebih mengevaluasi kinerja sekolah dalam layanan akademik sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap peserta didik.

(5) bagi peneliti lain diharapkan lebih dikembangkan melalui penelitian lebih lanjut dengan menggunakan objek dan variabel yang lain guna memperkaya ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.