SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religi di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang

Sheila Fransisca Fortunata

Abstrak


ABSTRAK 

Fortunata, S.F. 2017. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Religi: Studi Multi Situs di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang/ Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos., M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Juharyanto, M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Manajemen pendidikan karakter, budaya religi.

 

Pendidikan karaktermerupakansegalasesuatu yang dilakukansekolahdanseluruhwargasekolah yang terlibatuntukmempengaruhikarakterpesertadidik. Banyak sekolahdasar yang sudahmenerapkanpendidikankarakter, namunterdapatsekolah yang menerapkanpendidikankarakteruntukmembentukkarakterpesertadidiknyamelaluibudayareligi, yaitu SDN RampalCelaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang. Keduasekolahini yang notabeneadalahsekolahumum yang memilikipesertadidikdengan agama yang berbeda-bedatetapimenerapkanbudayareligiuntukmembentukkarakterpesertadidiknya.Berdasarkaninformasitersebut, makadilakukanpenelitianuntukmengetahuimanajemenpendidikankarakterberbasisbudayareligi. Fokuspenelitianmanajemenpendidikankarakterberbasisbudayareligitersebutyaitu (1) perencanaanpendidikankarakterberbasisbudayareligi; (2) pengorganisasianpendidikankarakterberbasisbudayareligi; (3) pelaksanaanpendidikankarakterberbasisbudayareligi; dan (4) evaluasipendidikankarakterberbasisbudayareligi.

Penelitianinidilakukan di SDN RampalCelaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang denganmetodekualitatifdenganpendekatandeskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukanmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi. Analisis data menggunakanreduksi data, display data, analisislintas situs danpenarikankesimpulan. Pengecekankeabsahan data dilakukandenganmenggunakantekniktriangulasi, ketekunanpengamatan, danpengecekananggota.

Hasildantemuanpenelitianmenunjukkanbahwamanajemenpendidikanberbasisbudayareligi di SDN RampalCelaket 2 Malang dan di SDN Purwodadi 1 Malang meliputitahapan-tahapanyaituperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaandanevaluasi. Adapunperencanaan yang dilakukanitumelaluiworkshopdengan guru-guru, menyusun program sekolah, sosialisasikepadawali murid. Perencanaanpendidikankarakterberbasisbudayareligiinimencerminkannilaipercayadiridankejujuransebagaidasardalammerencanakankegiatandan program pendidikankarakterberbasisbudayareligi. Pengorganisasianyang dilakukandenganmembentuktimkhususuntukpengembangPenguatan Pendidikan Karakter (PPK)sertamendeksripsikantugasmasing-masingtimdanmenerbitkan Surat Keputusan (SK). Pemilihantimdanpembagiankerja yang dilakukansekolahtelahdisetujuiolehpengawassekolahdankepalasekolahmencerminkannilaikepercayaankepalasekolahterhadapseluruh guru dankaryawannyauntukmenjadibagiandaripembentukkankarakterpesertadidiknya. Pelaksanaan yang dilakukanuntukmembentukkarakterpesertadidikmelaluibudayareligiininilaikedisiplinan yang tercermindariketepatanwaktu, nilaikesabaran yang tercerminsaatpesertadidikmelakukanwudlusebelummelakukansholat, dannilaitoleransi yang ditanamkankepadapesertadidik. Evaluasiyang dilakukanuntukmendukungpendidikankarakterberbasisbudayareligiinidilakukanmelaluirapatsertamelakukanperbaikan-perbaikandanstrategidarikepalasekolahuntukmenanggulangihambatan-hambatan yang dialami.

Berdasarkanhasilpenelitianini, dapatdisarankanbagi (1) KepalaDinas Pendidikan Kota Malang diharapkandapatdijadikankebijakanuntukpenerapan program PPK di sekolah; (2) KepalaSDN RampalCelaket 2 Malang diharapkandapatmemberikanbantuansupervisiterhadapkegiatanmanajemenpendidikankarakterberbasisbudayareligi yang dilakukansehinggadapatmemudahkan proses evaluasidarihambatandanmasalah-masalah yang dihadapi; (3) KepalaSDN Purwodadi 1 Malang, dokumen-dokumen yang diperlukanuntukmanajemenpendidikankarakterberbasisbudayareligiinidilengkapigunamempermudahpengarsipan data untukakreditasi; (4) KetuaJurusanAdministrasi Pendidikan dapatmenambahkajiantentangpendidikankarakter yang dilakukan di sekolah; (5) penelitilain, diharapkanpenelitianinidijadikanbahanreferensidandikembangkanuntukpenelitianselanjutnyaterkaitdenganmanajemenpendidikankarakterdengankontekslain.