SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kepemimpinan dalam Pengembangan Budaya Akademik dan Santun (Studi Multi Situs di SDN Tunjungsekar 1 dan SDN Tunjungsekar 5 Malang)

Eva Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK 

 

Kurniawati, Eva. 2017. Kepemimpinan dalam Pengembangan Budaya Akademik dan Santun: Studi Multi Situs di SDN Tunjungsekar 1 dan SDN Tunjungsekar 5 Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos., M.Pd., (II) Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan, budaya sekolah, budaya akademik dan santun

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) budaya akademik dan santun yang berkembang di sekolah, 2) kepemimpinan dalam pengembangan budaya akademik dan santun, 3) faktor pendukung pengembangan budaya akademik dan santun, dan 4) faktor penghambat serta solusi pengembangan budaya akademik dan santun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian multi situs dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: kedua situs memiliki dasar nilai terciptanya budaya akademik dan santun yaitu visi sekolah, yang selanjutnya dikembangkan ke dalam beberapa nilai yang dijalankan dalam keseharian warga sekolah. Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam menggerakkan warga sekolah untuk bersama-sama menjalankan dan mengembangkannya. Keberhasilan pengembangan budaya akademik dan santun juga dipengaruhi oleh internal dan eksternal sekolah dan tentunya tidak terlepas adanya hambatan yang muncul serta  upaya menyelesaikannya.