SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS REFERENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN MALANG BAGIAN SELATAN DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI DI KOTA MALANG

Urzu Rahmad

Abstrak


ABSTRAK 

 

Rahmad, Urzu. 2017. Analisis Referensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di

Kabupaten Malang Bagian Selatan dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Agus Timan, M.Pd, (2) Dr. H. A. Yusuf Sobri,S.Sos, M.Pd

 

Kata kunci: referensi siswa, pemilihan program studi, perguruan tinggi.

 

Era sekarang ini keunggulan dari suatu bangsa tidak lagi hanya mengandalkan pada kekayaan alam yang dimilikinya, melainkan pada keunggulan sumber daya manusia. perencanaan yang baik akan menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten yang akandapatmenjawabsemuakebutuhan yang ada di kehidupan nyatasecaracepat. Pada tahun ajaran baru, banyak siswa kelas XII sekolah menengah kejuruan yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Akan tetapi, siswa dihadapkan pada pilihan yang sulit, yaitu memilih jurusan. Hal ini akan sulit apabila siswa tidak memiliki referensi dan malas mencari informasi terkait dengan jurusan yang akan dipilihnya pada saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah; (1) Seberapa banyak referensi yang diperoleh siswa guna mengenali jurusan yang akan dipilihnya, (2) Seberapa besar kontribusi dari masing-masing referensi yang mempengaruhi siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi, (3) sumber referensi mana yang paling besar pengaruhnya terhadap siswa dalam pemilihan jurusan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) seberapa banyak referensi yang diperoleh siswa guna mengenali jurusan yang akan dipilihnya, (2) seberapa besar kontribusi dari masing-masing yang mempengaruhi siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi, (3) sumber referensi mana yang paling besar pengaruhnya terhadap siswa dalam pemilihan jurusan.

Penelitan ini dirancang  menggunakan metode deskriptif-eksploratif. Metode ini digunakan untuk mengungkap dan mendeskripsikan sumber-sumber referensi yang diperoleh siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII sekolah menengah kejuruan negeri dan swasta di Kabupaten Malang bagian selatan yang berjumlah 3643 siswa. Sampel dari penelitian berjumlah 331 siswa yang berpedoman pada keterwakilan anggota populasi, sehingga diupayakan dapat menggambarkan keadaan populasi. Untuk itu teknik pengambilan sampelnya menggunakan proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dengan 31 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor dengan batuan program komputer StatisticalProductand Service Solution (SPSS) for Windows version18.00.

Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan faktor-faktor baru hasil dari analisis faktor. Faktor tersebut adalah; (1) faktor dorongan keluarga merupakan faktor paling dominan atau bisa dikatakan sumber referensi yang paling berpengaruh terhadap pemilihan program studi di perguruan tinggi, (2) faktor media massa merupakan faktor terbesar kedua setelah faktor dorongan keluarga yang dijakan siswa sebagai sumber referensinya, (3) faktor kepentingan pribadi faktor terbesar ketiga yang dijadikan siswa sebagai sumber referensinya dalam memilih program studi di perguruan tinggi, (4) faktor lingkungan merupakan faktor terakhir yang menjadi sumber referensinya dalam memilih program studi di perguruan tinggi.

Bertolak dari temuan penelitian ini, saran ditujukan kepala sekolah, guru, dan staf hendaknya memperhatikan kebutuhan siswa ketika mereka berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan memberikan bimbingan dan pengarahan untuk memudahkan siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Bagi siswa hendaknya mempertimbangkan dengan matang saran yang diberikan oleh keluarga, lingkungan sekitar, guru, dan informasi yang dimuat media agar dapat lebih mendekatkan kepada cita-cita yang akan dicapainya kelak. Bagi perguruan tinggi hendaknya memberikan informasi mengenai program studi yang ada dengan rinci, agar siswa dapat mengenali program studi dengan baik. Sedangkan bagi peneliti lain hendaknya melakukan kajian ulang terhadap penelitian ini agar mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.