SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANATARA PERAN SERTA MASYARAKAT DAN PENINGKATAN PROGRAM KERJA DI SMAN SE-KABUPATEN NGANJUK

Ridzal Eko Sopi'i

Abstrak


ABSTRAK

 

Sopi’i, Ridzal Eko. 2017. Hubungan Antara Peran Serta Masyarakat dan Peningkatan Program Kerja di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (I) Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd., (II) Wildan Zulkarnain, S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: peran serta masyarakat, program kerja sekolah.

 

Pengaruh masyarakat terhadap lembaga pendidikan terasa amat kuat dan berpengaruh pula kepada para individu yang ada di lembaga pendidikan . Oleh sebab itu sangat perlu dipertimbangkan dalam memperbaiki dan meningkatkan hubungan kerjasama antara masyarakat dan lembaga pendidikan.  Hubungan masyarakat itu sendiri dalam mengembangkan mutu pendidikan sengaja direncanakan dan dilakukan oleh kepala sekolah secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara lembaga pendidikan dengan masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan selain didukung oleh peran serta masyarakat juga dipengaruhi oleh suatu program sekolah sendiri.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat peran serta masyarakat di SMAN se-Kabupaten Nganjuk; (2) Peningkatan program kerja SMAN se-Kabupaten Nganjuk; dan (3) Hubungan peran serta masyarakat dan peningkatan program kerja sekolah di SMAN se-Kabupaten Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat diskriptif korelasional.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan populasi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian humas di SMAN se-Kabupaten Nganjuk. Pengambilan sampel menggunakan sampel total yaitu pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Dari data yang telah ada, sebanyak 14 sekolah SMAN se-Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini  dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini: (1) Analisis deskripsi data; dan (2) Analisis korelasi product moment pearson.

Kesimpulan peneliti yang diperoleh, adalah (1)Tingkat peran serta masyarakat di SMAN se-Kabupaten Nganjuk berada pada kategori yang tinggi, berarti masyarakat dalam mendukung kemajuan mutu pendidikan sangat tinggi melihat dari respon masyarakat terhadap program yang diadakan sekolah selalu diikuti oleh masyarakat. Selain itu masyarakat juga memiliki peranan yang penting dalam proses pendidikan. Peranan yang penting tersebut bisa berbentuk bantuan sumbangan dana, ikut berperan dalam membina peserta didik, dan sebagai pengawas program sekolah. (2) Tingkat program kerja di SMAN se-Kabupaten Nganjuk berada pada kategori yang tinggi, Berarti peningkatan program kerja, sekolah memberikan metode pendekatan kepada masyarakat dengan cara yang paling efektif, tidak selalu menggunakan pendekatan kepada masyarakat yang berubah-ubah. Hal tersebut juga didukung oleh sekolah yang memiliki program kerja yang bagus, baik di masyarakat sekitar sekolah dan orang tua peserta didik. (3)Ada hubungan yang signifikan antara peran serta masyarakat dengan peningkatan program kerja sekolah di SMAN se-Kabupaten Nganjuk.

            Saran penelitian ini tertuju bagi (1) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan pada pemerintah, dalam membuat kebijakan yang mampu berpihak pada lembaga pendidikan yang bersangkutan dengan orang tua serta didik masyarakat sekitar sekolah.(2) Kepala SMAN se-Kabupaten Nganjuk, diharapkan memaksimalkan hubungan yang sudah baik antara sekolah dengan masyarakat sekitar sekolah, orang tua murid. Sehingga hal ini dapat memaksimalkan program sekolah. Namun bagi sekolah yang memiliki tingkat peran serta yang rendah maka kepala sekolah bisa mencontoh sekolah-sekolah yang sudah memiliki peran serta masyarakat yang baik serta memiliki program kerja yang baik dalam meningkatkan mutu sekolah. (3) Masyarakat (orang tua) sudah ikut mengawasi bagian dari pelaksanaan program kerja sekolah dan memberikan dukungan maupun bantuan ke SMAN se-Kabupaten Nganjuk. (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, yaitu sebagai masukan maupun gambaran bahwa peran serta masyarakat di sekolah menengah atas sudah berperan sangat aktif dalam membantu dalam melaksanakan program kerja sekolah di SMA se-Kabupaten Nganjuk. sehingga hubungan peran seran serta masyarakat dan program kerja sekolah di SMAN se-Kabupaten Nganjuk bisa dijadikan sumber referensi. (5) Mahasiswa, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebuah rujukan dalam pengembangan penelitian, penulisankarya ilmiah, tugas akhir maupun bisa dijadikan sebuah rujukan dalam penulisan sebuah buku. (6) Peneliti Lain, sebagai bahan rujukan dalam sebuah penelitian, namun dalam penelitian yang ditinjau dari sudut pandang berbeda. Seperti halnya jika suatu program kerja yang baik apakah mempengaruhi suatu peran serta yang tinggi.