SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Hanto Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Hanto. 2017. Analisis Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd., (II) Dr. Juharyanto, M.M., M.Pd.

 

Kata kunci: motivasi, organisasi kemahasiswaan

 

Manusia merupakan makhluk individu sekaligus sosial, setiap manusia saling terikat dan bekerja sama untuk mewujudkan tujuannya. Hal ini dapat dikatakan manusia memiliki keterbatasan yang dapat dilengkapi oleh manusia lainnya. Dalam mewujudkan tujuannya, manusia membentuk kelompok atau organisasi. Mahasiswa yang merupakan salah satu makhluk individu sekaligus sosial, diharapkan mampu mempunyai kemampuan, (skill), visi, mental, dan karakter. Hal itu diperlukan sebuah perkumpulan yang sesuai dengan kemampuannya untuk mencapai tujuan secara bersama-sama. Mahasiswa ini dapat terwadahi di Organisasi Kemahasiswaan atau Ormawa. Adanya Ormawa ini diharapkan, dapat menampung dan menyalurkan aspirasi, forum komunikasi, dan koordinasi untuk pengembangan mahasiswa, peningkatan ketrampilan manajemen serta menumbuhkan sikap profesional yang mandiri. Mahasiswa yang mengikuti Ormawa dapat termotivasi secara intrinsik atau ekstrinsik dan dapat pula keduanya. Penelitian ini dimaksudkan, untuk menemukan faktor-faktor mahasiswa mengikuti Ormawa khususnya di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM).

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk, (1) mengidentifikasi faktor-faktor motivasi mahasiswa mengikuti Ormawa di FIP UM; (2) menjelaskan faktor motivasi mahasiswa yang paling dominan mengikuti Ormawa di FIP UM; dan (3) mendeskripsikan besaran masing-masing faktor motivasi mahasiswa mengikuti Ormawa di FIP UM. Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor. Metode ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor baru hasil rotasi dari faktor-faktor yang telah diidentifikasi. Populasi dalam penelitian sejumlah 514 mahasiswa, kemudian pengambilan sampel menggunakanan teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus formula Slovin, diperoleh hasil sampel sejumlah 225 mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan jumlah butir pernyataan sebanyak 48. Penelitian ini dalam melalakukan analisis data menggunakan bantuan Method of Successive Interval dan Statistical Package for the Social Science for windows versi 21.0.

Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) faktor-faktor motivasi mahasiswa mengikuti Ormawa di FIP UM, adalah (a) faktor keberhasilan, (b) faktor lingkungan, (c) faktor kemampuan, dan (d) faktor kepribadian; (2) faktor motivasi mahasiswa yang paling dominan mengikuti Ormawa di FIP UM adalah faktor keberhasilan; dan (3) tingkat kecenderungan masing-masing faktor motivasi mahasiswa mengikuti Ormawa di FIP UM yang pertama faktor keberhasilan, kedua faktor lingkungan, ketiga faktor kemampuan, dan keempat faktor kepribadian.

Saran dalam penelitian ini untuk, (1) Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FIP UM, hendaknya melakukan pertimbangan dalam mengambil keputusan yang dapat memotivasi mahasiswa agar mau mengikuti Ormawa di FIP UM; (2) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, hendaknya memperkenalkan kepada para mahasiswa bahwa dengan mengikuti organisasi dapat memberikan manfaat bagi dirinya maupun masyarakat sekitarnya, seperti mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan, dan ketrampilan manajerial organisasi. Dengan begitu, kelak mahasiswa dapat menjadi pemimpin yang mempunyai kemampuan sesuai tuntutan masyarakat di masa mendatang; (3) Ketua Ormawa FIP UM, hendaknya memberikan penguatan kepada mahasiswa yang mengikuti Ormawa di FIP UM. Sehingga Ketua Ormawa di FIP UM mampu memadukan faktor-faktor mahasiswa yang mengikuti Ormawa untuk mencapai tujuan organisasi; (4) Pengurus Ormawa FIP UM, hendaknya meningkatkan faktor motivasi yang kurang pada dirinya. Dengan begitu, mereka mampu untuk mengembangkan faktor yang kurang pada dirinya; dan (5) Peneliti lain, bahwa penelitian ini hanya meneliti tentang motivasi mahasiwa mengikuti Ormawa di FIP. Hendaknya peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti keseluruhan Ormawa yang ada di UM. Dengan begitu, dapat memberikan gambaran tentang motivasi mahasiswa mengikuti Ormawa di UM.