SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Brand Image dan Motivasi dengan Keputusan Peserta Didik Memilih Sekolah di SMA Negeri 1 Sidayu Kabupaten Gresik

Faradina Nur Lailia

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengambilan keputusan merupakan suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternatif tindakan yang mungkin dipilih yang prosesnya melalui mekanisme tertentu, dengan harapan akan menghasilkan sebuah keputusan terbaik. Dalam memilih sekolah, peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu brand image dan motivasi. Brand image sekolah merupakan pemahaman masyarakat mengenai sekolah, kepercayaan masyarakat dan pandangan masyarakat tentang sekolah. Selain brand image, yang mempengaruhi peserta didik dalam memilih adalah motivasi. Motivasi secara umum diartikan sebagai sesuatu yang ada pada diri seseorang yang dapat mendorong, mengaktifkan, menggerakkan dan mengarahkan perilaku seseorang. Peneliti menemukan bahwa peserta didik cenderung memilih sekolah favorit, maka peneliti melakukan penelitian tentang hubungan antara brand image dan motivasi dengan keputusan peserta didik memilih sekolah di SMA Negeri 1 Sidayu Kabupaten Gresik.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menemukan hubungan antara brand  image sekolah dan keputusan memilih sekolah di SMA Negeri 1 Sidayu; (2) Menemukan hubungan antara motivasi peserta didik dan keputusan memilih sekolah di SMA Negeri 1 Sidayu; (3) Mengetahui hubungan brand image sekolah, motivasi peserta didik dan keputusan memilih sekolah di SMA Negeri 1 Sidayu.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skoring data angket penelitian. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan terikat, variabel bebas yaitu brand  image (X1) dan motivasi (X2), sedangkan variabel terikat yaitu keputusan memilih sekolah (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik baru di kelas X yang berjumlah 350 orang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson dan analisis korelasi ganda. Pengolahan data menggunakan SPSS 16.0  for windows.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, hasil pengujian koefisien korelasi untuk hubungan variabel brand image (X1) dan keputusan memilih sekolah (Y) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,493 dan Signiikansi P sebesar 0,000. Kedua, hasil pengujian koefisien korelasi untuk hubungan variabel motivasi (X2) dan keputusan memilih sekolah (Y) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,552 dan Signifikansi P sebesar 0,000. Ketiga, hasil pengujian koefisien korelasi ganda untuk hubungan antara variabel brand image (X1), motivasi (X2) dan keputusan memilih sekolah (Y) memiliki koefisien R sebesar 0,583.

Berdasarkan pada hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara variabel brand image sekolah dan keputusan memilih sekolah, terdapat hubungan antara variabel motivasi peserta didik dan keputusan memilih sekolah, dan terdapat hubungan antara variabel brand image sekolah dan motivasi peserta didik dengan keputusan memilih sekolah.

 

Saran dalam penelitian ini ditujukan bagi: (1) Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri, sebaiknya menjaga brand image sekolah dan tingkatkan terus motivasi peserta didik agar sekolah dikenal masyarakat sehingga masyarakat memutuskan memilih sekolah di sini; (2) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, hasil penelitian ini hendaknya digunakan sebagai bahan pustaka dan melengkapi sumber informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya pada bidang manajemen hubungan masyarakat dan manajemen peserta didik; (3) Peneliti Lain, agar dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan faktor atau fenomena lain yang belum diteliti dalam penelitian ini, seperti loyalitas, atau membuat penelitian yang relevan dengan penelitian ini untuk wilayah lain.