SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Himahtuh Rianingtias

Abstrak


ABSTRAK

 

Rianingtias, Himahtuh. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos, M.Pd, (II) Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: penggunaan media sosial, capaian pembelajaran.

Perkembangan teknologi dizaman yang serba modern seperti saat ini, pendidikan telah banyak ditunjang oleh berbagai teknologi yang mana hal tersebut di harapkan dapat memperlancar proses belajar dan mengajar, salah satu perkembangan teknologi yang digunakan adalah media sosial. Media sosial adalah sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs atau aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial didalamnya. Dalam dunia pendidikan, media sosial banyak dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti dimanfaatkan untuk mencari bahan ajar, digunakan sebagai media pembelajaran, sebagai media dalam mengirim tugas, forum diskusi, dan lain sebagainya. Pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan capaian pembelajaran dengan hasil yang maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Tujuan tersebut antara lain: (1) mendeskripsikan tingkat penggunaan media sosial dalam pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang; (2) mendeskripsikan tingkat capaian pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang; (3) menjelaskan efektivitas penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Metode penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif-korelasional, dengan tujuan mengetahui hubungan antara variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa angkatan 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penentuan sampel menggunakan propotional random sampling yang diperoleh berjumlah 248 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun dalam butir-butir pertanyaan berjumlah 58 butir, 42 butir tentang penggunaan media sosial, dan 16 butir tentang capaian pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 20.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat penggunaan media sosial dalam pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada kategori sedang; (2) tingkat capaian pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada kategori sedang; (3) penggunaan media sosial untuk capaian pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang adalah efektif.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan yaitu: (1) Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan capaian pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, (2) Ketua Jurusan di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, diharapkan memberikan pelatihan kepada dosen dan mahasiswa tentang pentingnya media sosial di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sehingga penggunaan media sosial dapat dimaksimalkan dalam pembelajaran, (3) Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, lebih meningkatkan proses belajar dengan memperbanyak media pembelajaran dengan memanfaatkan media sosial agar mahasiswa dapat lebih aktif dan tertarik selama proses pembelajaran, (4) mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, hendaknya lebih mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran dengan benar untuk meningkatkan capaian pembelajaran, (5) Peneliti Lain, hendaknya dapat dijadikan referensi tentang penelitian efektivitas penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran mahasiswa dapat dikebangkan lebih lanjut untuk penelitian-penelitian selanjutnya.