SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ManajemenPendidikanKarakterMelaluiSistem Full Day School di SDI TompokersanLumajang

Happy Rhyzka Nurhaviana

Abstrak


ABSTRAK

Pendidikankaraktersejatinyamerupakansebuahkebutuhanparapemangkupendidikandalammengupayakanpembentukanwatak, sikap, danpolaperilakuanakbangsakearah yang positif. Pendidikankarakterdianggapakanlebihefektifapabiladisampaikantidakhanyamelaluipendidikan formal di sekolahsaja, namunjugaperludisampaikandalamlingkungankeluarga. Olehkarenaitu, dalamupayapembentukankarakterkhususnyabagipesertadidik, dirasasangatperlumendapatperhatiandandukungandariberbagaipihak, terutamabagiparapendidik, ulama, pemukamasyarakat, danparaorangtuapesertadidik.PadaSDI TompokersanLumajang yang menerapkansistemfull day schoolatausekolahsepanjangharimulaidaripukul 07.00 sampaidengan 16.00, pendidikankarakter yang diberikankepadapesertadidikakanlebihbanyakdibandingkandengansekolah-sekolah regular lainnya. Hal inikarenadenganpenerapansistemfull day school, makapesertadidikakanmemilikiwaktu di sekolahlebihpanjangdaripadapesertadidik di sekolahpadaumumnya. Untukitu, SDI TompokersanLumajangmelengkapi program-program pendidikan yang dijalankandengankegiatan-kegiatanpendidikankarakterbaik yang bernilaiibadahmaupunkegiatanlainnyanamundenganjaminandapatmenumbuhkansikappositifbagipesertadidik.

Fokuspenelitian yang dilakukan di SDI TompokersanLumajangyaitu: 1) manajemenpendidikankarakter di SDI TompokersanLumajang, 2) faktor-faktorpendukungpendidikankarakter di SDI TompokersanLumajang, dan 3) pelaksanaanpendidikankarakter SDI TompokersanLumajangbesertasolusiuntukmengatasihambatan-hambatantersebut.

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitianstudikasus. Teknikpengumpulan data padapenelitianinimenggunakanteknikwawancara, pengamatan, dandokumentasi. Penelitimelakukanteknikreduksidata,displaydata, danverifikasi data dalammelakukananalisis data. Selanjutnyapadapengecekankeabsahan data, penelitimenggunakanteknikketekunanpengamatan, triangulasidanpengecekananggota.

Hasil yang diperolehdaripenelitianiniyaituberdasarkanfokuspenelitianmeliputi 1) manajemenpendidikankarakter di SDI TompokersanLumajang yang meliputiperencanaan,pelaksanaan, danevaluasi, 2) faktorpendukungpendidikankarakter di SDI TompokersanLumajang, dan3) faktorpenghambatpendidikankarakter di SDI TompokersanLumajang.

 

Saran yang dapatpenelitisampaikankepadabeberapapihakmeliputi 1) KetuaYayasanNurulMasyithah agar lebihintensiflagidalammelakukanevaluasi program-program pendidikankarakter yang dijalankan di SDI TompokersanLumajang, 2) Kepala SDI TompokersanLumajang agar dapatlebihintensiflagidalammemantaukegiatandanjugafasilitas-fasilitas yang berkenaandengan program-program pendidikankarakter di SDI TompokersanLumajangsehinggadapatmemaksimalkanupayapendidikankarakterbagipesertadidik, 3) Guru danpersonel SDI TompokersanLumajang agar dapatsalingmemotivasidalammenjalankan program-program pendidikankarakter di sekolah. Baikmotivasisesama guru, personel, maupunterhadappesertadidik, 4) KetuaJurusanAdministrasiPendidikan agar dapatmendukungdanmemfasilitasisetiapupayapendidikankaraktersehinggadapatmengembangkankegiatankeilmuan yang berkaitandenganupayaupayapembentukan moral, khususnyapadaJurusanAdministrasiPendidikan, 5) DosenJurusanAdministrasiPendidikan agar dapatmengarahkan, mendidik, danmenghimbausetiapmahasiswa agar dapatberperilaku yang baiksehinggamampumenjadipanutanbagimasyarakat, dan6) Peneliti Lain agar dapatmengembangkandanmenyempurnakanpenelitianini agar kelakdapatbergunabagipeningkatanpembentukan moral bangsa.