SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KEPUASAN SISWA PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI BUS SEKOLAH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

YUNIAR RIFQOH NA'IMY

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Yuliana Widya 2016. Penggunaan Teknologi Informasi dan KomunikasI dalam Sistem Perkantoran di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Maisyaroh, M.Pd , (II) Dr.Mustiningsih, M.Pd

 

Kata kunci: penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, tenaga administrasi sekolah

Di era globalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan untuk mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. TIK dapat digunakan oleh pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dalam meningkatkan kualitas produktivitas, efektifitas dan akses pendidika.Tuntutan penggunaan TIK sudah semakin besar sehingga setiap organisasi perlu memperhatikan peningkatan kemampuan para pegawainya dalam TIK. Kondisi ini juga berlaku pada pegawai dalam sistem perkantoran di sekolah.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ragam penggunaan TIK oleh tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang; (2) mengetahui permasalahan yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan TIK; (3) mengetahui pemecahan masalah yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan TIK.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan racangan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenaga administrasi sekolah SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang berjumlah 45 orang.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) TIK yang digunakan oleh tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang adalah komputer, printer, flashdisk, telepon, instant messaging/whatsapp dan faximile. Perangkat lunak atau software yang digunalan adalah microsoft word, microsoft excel, internet dan microsoft power point . (2) permasalahan yang banyak dialami oleh tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang adalah (a) permasalahan non fisik, (b) permasalahan fisik; dan (3) pemecahan masalah yang dilakukan dalam penggunaan TIK oleh tenaga administrasi sekolah adalah minta bantuan teman dalam menggunakan TIK, membeli buku tentang penggunaan TIK, diberi pelatihan dalam penggunaan TIK.

 Saran yang dapat diberikan adalah kepada: (1) tenaga administrasi sekolah tetap mempelajari dan menuangkan ide dalam TIK, memanfaatkan TIK sebaik-baiknya sebagai alat untuk mempermudah dalam pelaksanaan tugas sekolah dan kemajuan pendidikan; (2) kepala sekolah memberikan ruang dan fasilitas TIK yang cukup bagi tenaga administrasi agar dapat melaksanakan tugas sekolah dengan baik dan lancar ; (3) dinas pendidikan memfasilitasi sekolah dalam hal TIK agar menunjang kemajuan pendidikan dan memberikan pelatihan kepada tenaga administrasi sekolah dalam menggunakan TIK.

Layanan transportasi bus sekolah merupakan kegiatan angkutan khusus untuk para siswasebagai alat perpindahandari satu tempat ke tempat lain, sehingga dengan adanya layanan transportasi bus sekolah ini dapat membantu siswa untuk pergi dan pulang dari sekolah.Penelitiandilaksanakandengantujuan untuk mengetahui tingkat layanan yang diberikan pemerintah dalam layanan transportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung, untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa dalam menggunakan layanan transportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan siswa dalam menggunakan layanan transportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 626 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis yang digunakanteknikanalisisdeskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) Tingkat layanan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Tulungagung kepada siswa pengguna layanan transportasi bus sekolah berada pada kualifikasi tinggi dengan frekuensi sebesar 121 siswa atau setara dengan 49,60%, dan sebesar 123 siswa atau setara dengan 50,40%, hal ini membuktikan bahwa layanan transportasi bus sekolah sudah berjalan dengan baik, (2) Tingkat kepuasan siswa pengguna layanan transportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung berada pada kategori yang sangat tinggi, dengan frekuensi sebesar 206 siswa setara dengan 84,42%,hal ini membuktikan bahwa pemerintah Kabupaten Tulungagung khusunya pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, sudah berhasil dalam menjalankan program layanan transportasi bus sekolah gratis ini secara maksimal, karena terbukti para siswa yang menggunakan layanan transportasi bus sekolah ini sudah merasa puas dengan adanya layanan transportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung, dan (3) Ada beberapa faktor yang membuat siswa para pengguna layanan trasnportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung bisa mengatakan puas dengan layanan yang telah diberikan, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah keselamatan, keandalan, dan kenyamanan

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disampaikan beberapa saran, (1) Bagi Bupati Kabupaten Tulungagung, diharapkan dapat terus menerus meningkatkan pelayanan yang berkaitan dengan bus sekolah gratis yang ada di Kabupaten Tulungagung, dan sekiranya dapat menambah jumlah armada bus sekolah, mengingat antusiasme para siswa yang ingin menggunakan layanan transportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung ini, (2) Bagi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, diharapkan dapat terus mempertahankan dan meningkatkan layanan trasnportasi bus sekolah di Kabupaten Tulungagung. Peningkatan pelayanan dapat dilakukan dengan penambahan jumlah armada bus sekolah, dan juga dengan menambahkan fasilitas-fasilitas yang lebih bagus di dalam bus sekolah Kabupaten Tulungagung, (3) Bagi Dosen pengampu Matakuliah Manajemen Sarana & Prasarana, serta Manajemen Layanan Khusus dimana penelitian ini diharapkan menjadi bahan materi dalam pembelajaran di kelas, (4) Bagi Siswa pengguna layanan transportasi bus sekolah yang ada di Kabupaten Tulungagung, dimana penelitian ini nantinya dapat dijadikan salah satu wadah untuk penyampaian harapan mereka terhadap layanan transportasi bus sekolah yang ada di Kabupaten Tulungagung, dan (5) Peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi, kajian, dan masukan oleh peneliti selanjutnya, sehingga dapat menyempurnakan penelitian selanjutnya