SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SISTEM PERKANTORAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KLOJEN KOTA MALANG

Yuliana Widya Astuti

Abstrak


ABSTRAK

Astuti, Yuliana Widya 2016. Penggunaan Teknologi Informasi dan KomunikasI dalam Sistem Perkantoran di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Maisyaroh, M.Pd , (II) Dr.Mustiningsih, M.Pd

 

Kata kunci: penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, tenaga administrasi sekolah

 Di era globalisasi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan untuk mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. TIK dapat digunakan oleh pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dalam meningkatkan kualitas produktivitas, efektifitas dan akses pendidika.Tuntutan penggunaan TIK sudah semakin besar sehingga setiap organisasi perlu memperhatikan peningkatan kemampuan para pegawainya dalam TIK. Kondisi ini juga berlaku pada pegawai dalam sistem perkantoran di sekolah.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ragam penggunaan TIK oleh tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang; (2) mengetahui permasalahan yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan TIK; (3) mengetahui pemecahan masalah yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam penggunaan TIK.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan racangan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tenaga administrasi sekolah SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang berjumlah 45 orang.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) TIK yang digunakan oleh tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang adalah komputer, printer, flashdisk, telepon, instant messaging/whatsapp dan faximile. Perangkat lunak atau software yang digunalan adalah microsoft word, microsoft excel, internet dan microsoft power point . (2) permasalahan yang banyak dialami oleh tenaga administrasi sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Klojen Kota Malang adalah (a) permasalahan non fisik, (b) permasalahan fisik; dan (3) pemecahan masalah yang dilakukan dalam penggunaan TIK oleh tenaga administrasi sekolah adalah minta bantuan teman dalam menggunakan TIK, membeli buku tentang penggunaan TIK, diberi pelatihan dalam penggunaan TIK.

 

 Saran yang dapat diberikan adalah kepada: (1) tenaga administrasi sekolah tetap mempelajari dan menuangkan ide dalam TIK, memanfaatkan TIK sebaik-baiknya sebagai alat untuk mempermudah dalam pelaksanaan tugas sekolah dan kemajuan pendidikan; (2) kepala sekolah memberikan ruang dan fasilitas TIK yang cukup bagi tenaga administrasi agar dapat melaksanakan tugas sekolah dengan baik dan lancar ; (3) dinas pendidikan memfasilitasi sekolah dalam hal TIK agar menunjang kemajuan pendidikan dan memberikan pelatihan kepada tenaga administrasi sekolah dalam menggunakan TIK.