SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi dan Ekspektasi Orang Tua Peserta Didik tentang Mutu Pendidikan Berkaitan dengan Kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan

Ria Rovita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ria Rovita. 2017. Persepsi dan Ekspektasi Orang Tua Peserta Didik tentang Mutu Pendidikan Berkaitan dengan Kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. A. Supriyanto, M.Pd., M.Si., (II) Wildan Zulkarnain, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: persepsi, ekspektasi dan kepercayaan mutu pendidikan.

Persepsi adalah pengamatan, proses berpikit dan pengalaman, yang sangat penting bagi suatu lembaga mengetahui persepsi orang tua peserta didik khususnya mengenai mutu yang telah diberikan untuk mengetahui sejauh mana dan seperti apa penilaian orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah (Partanto, 2001:591). Ekspektasi adalah harapan, sangat penting pula diketahui bagi suatu lembaga mengenai harapan orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan yang seharusnya diselenggarakan oleh sekolah (Widagdho, 1991:186). Hal ini perlu diketahui agar sekolah bisa memenuhi harapan orang tua peserta didik tentang mutu yang diinginkan untuk untuk menjaga eksistensi sekolah. Sebab apabila terpenuhinya harapan orang tua tentu orang tua akan merasa percaya terhadap sekolah.

Kepercayaan orang tua peserta didik dapat diukur dari persepsi dan ekspektasinya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan, mengetahui tingkat ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan, mengetahui tingkat kepercayaan orang tua peserta didik tentang SDN Purwodadi 03 dan untuk menemukan hubungan antara persepsi dan ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03.

Penelitian ini mengkaji masalah tentang: tingkat persepsi, ekspektasi dan kepercayaan orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan, serta keterkaitan antara persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dan kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03, keterkaitan antara ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dan kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03, dan keterkaitan antara persepsi dan ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan, (2) mendeskripsikan ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan, (3) mendeskripsikan kepercayaan orang tua peserta didik tentang SDN Purwodadi 03, (4) mencari keterkaitan antara persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03, (5) mencari keterkaitan antara persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03 dan (6) menemukan keterkaitan antara persepsi dan ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan tingkat kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03.

Jenis penelitian ini deskriptif korelasi ganda dengan variabel bebas persepsi (X1) dan ekspektasi (X2) serta variabel terikat kepercayaan (Y). Populasi penelitian berjumlah 143 orang yang terdiri dari orang tua peserta didik SDN Purwodadi 03. Jumlah sampel 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan formula Slovin dengan instrumen penelitian kuesioner. Menggunakan skala likert dengan 5 rentang jawaban. Teknik analisis yang dipilih ialah deskriptif dan korelasi ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows.

Kesimpulan penelitian ini yaitu: persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan berada pada kategori tinggi. Ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan berada pada kategori tinggi. Kepercayaan orang tua peserta didik tentang mutu SDN Purwodadi 03 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan berada pada kategori sangat tinggi. Terdapat keterkaitan yang signifikan antara persepsi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan tingkat kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03.Terdapat keterkaitan yang signifikan antara ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan tingkat kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03. Terdapat keterkaitan yang signifikan antara persepsi dan ekspektasi orang tua peserta didik tentang mutu pendidikan dengan tingkat kepercayaannya terhadap SDN Purwodadi 03.

 

Berdasarkan hasil tersebut, maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain, yaitu bagi pengembang ilmu bidang manajemen Hubungan Masyarakat (Humas),  dan manajemen mutu dengan melihat hasil penelitian ini semoga semakin membantu mengembangkan keilmuan yang ada. Bagi Kepala SDN Purwodadi 03, dengan melihat hasil penelitian ini hendaknya sebagai motivasi untuk tetap menjaga serta meningkatkan mutu sekolah yang telah dipercaya orang tua peserta didik. Bagi komite SDN Purwodadi 03, hendaknya sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu sekolah agar terus sesuai dengan harapan orang tua peserta didik. Bagi guru SDN Purwodadi 03, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk selalu menjaga serta meningkatkan pembelajaran di sekolah, dan bagi mahasiswa Administrasi Pendidikan atau peneliti lain apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis sebaiknya lebih dikembangkan lagi dengan subjek yang lebih luas dengan menambahkan masyarakat sekitar, tokoh masyarakat atau tokoh agama di sekitar sekolah yang diteliti.