SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KUALITAS LAYANAN UPT PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN DAN INTENSITAS PEMANFAATAN MAHASISWA FIP UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Nurdini Hari Rizki

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizki, Nurdini Hari. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan UPT Perpustakaan terhadap Kepuasan dan Intensitas Pemanfaatan Mahasiswa FIP Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M. Huda AY, M.Pd., (II) Drs. H. Burhanuddin, M. Ed, Ph. D.

 

Kata Kunci: kualitas layanan, kepuasan, dan intensitas pemanfaatan UPT Perpustakaan UM.

Empat indikator pokok penyelenggaraan pendidikan agar berkualitas, yaitu mutu produk/lulusan, mutu proses pembelajaran, mutu pelayanan sarana dan prasarana, mutu lingkungan pendidikan. Hal ini berarti layanan menjadi salah satu indikator kualitas penyelenggaraan pendidikan khususnya perguruan tinggi. Fasilitas yang dapat menunjang peningkatan kualitas pembelajaran di Universitas Negeri Malang cukup lengkap salah satunya adalah perpustakaan sebagai salah satu fasilitas tersedia pelaksanaan fungsi dalam pendidikan tinggi dapat dijadikan rujukan memperoleh sumber referensi dalam mendukung mahasiswa menyelesaikan studi. Indikator dari sebuah kualitas layanan/jasa adalah kepuasan pelanggan dalam hal ini pelanggan utama dalam pendidikan adalah mahasiswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas layanan UPT Perpustakaan UM; (2) tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan UPT Perpustakaan UM; (3) tingkat intensitas pemanfaatan mahasiswa FIP UM terhadap layanan-layanan UPT Perpustakaan UM; (4) pengaruh kualitas layanan UPT Perpustakaan UM terhadap kepuasan Mahasiswa FIP UM; (5) pengaruh kualitas layanan UPT Perpustakaan UM terhadap intensitas pemanfaatan Mahasiswa FIP UM; (6) pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap intensitas pemanfaatan Mahasiswa FIP UM; (7) pengaruh tidak langsung kualitas layanan UPT Perpustakaan UM terhadap intensitas pemanfaatan melalui kepuasan; (8) pengaruh faktor eksternal gender terhadap kepuasan dan intensitas pemanfaatan; (9) pengaruh faktor eksternal masa studi terhadap kepuasan dan intensitas pemanfaatan.

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Teknik yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis jalur dengan menggunakan populasi penelitian yakni Mahasiswa FIP Universitas Negeri Malang pada kampus 1 yang berjumlah 1.593 orang mahasiswa terdiri dari angkatan 2014 sampai angkatan 2016 dengan sampel 320 orang mahasiswa. Metode pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan 94 item pernyataan dan pilihan jawaban skala likert 1-5.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi kualitas layanan UPT Perpustakaan UM termasuk dalam kualifikasi sedang, (2) kepuasan mahasiswa FIP UM terhadap layanan UPT Perpustakaan UM termasuk dalam kualifikasi sedang, (3) Intensitas pemanfaatan pada masing-masing layanan diperoleh hasil: intensitas pemanfaatan layanan peminjaman bahan pustaka berada pada kualifikasi sedang, intensitas pemanfaatan layanan serial berada pada kualifikasi sedang, intensitas pemanfaatan layanan online berada pada kualifikasi sedang, intensitas pemanfaatan layanan referensi karya ilmiah berada pada kualifikasi rendah, intensitas pemanfaatan layanan baca berada pada kualifikasi sedang, intensitas pemanfaatan layanan pendukung berada pada kualifikasi sedang, (4) ada pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan UPT Perpustakaan UM terhadap kepuasan mahasiswa FIP UM, (5) ada pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan UPT Perpustakaan UM terhadap intensitas pemanfaatan mahasiswa FIP UM, (6) tidak ada pengaruh positif kepuasan terhadap intensitas pemanfaatan mahasiswa FIP UM, (7) tidak terdapat pengaruh positif kualitas layanan terhadap intensitas melalui kepuasan, (8) tidak terdapat pengaruh yang signifikan gender terhadap kepuasan dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan  gender terhadap intensitas pemanfaatan, (9) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara masa studi terhadap kepuasan dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara masa studi terhadap intensitas pemanfaatan.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan Perpustakaan UM dalam kategori sedang. Peneliti mengusulkan untuk kepala dan tenaga kependidikan Perpustakaan UM perlu beberapa hal yang harus diperbaiki meliputi keramahan petugas, penyediaan fasilitas untuk mahasiswa yang berkebutuhan khusus, peningkatan layanan fasilitas untuk kemudahan penggunaan fasilitas elektronik yang tersedia di setiap meja, koleksi buku perlu ditambah lagi. Selain itu berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan juga membutuhkan buku-buku yang lebih lengkap untuk jurusan masing-masing, mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa membutuhkan fasilitas perpustakaan bagi mahasiswa berkebutuhan khusus, sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan yang masih dalam tahap pembangunan.