SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS Di SMAN 1 Gondanglegi Tahun Ajaran 2016/2017

bahrul ulum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulum, bahrul. 2017. PengaruhLingkunganKeluargadanTemansebayaTerhadapHasilbelajarSiswaPada Mata PelajaranEkonomiKelas XI IIS Di SMAN 1 GondanglegiTahunAjaran 2016/2017. Skripsi, JurusanEkonomiPembangunFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardono

 

Kata Kunci :LingkunganKeluarga, TemanSebaya, HasilBelajar

Pendidikanmerupakansuatu yang pentingdandiangga paling utamadalamkehidupanmanusiadandapatmemberibekalhidupkepadapesertadidikdanmemenuhikebutuhanmasyarakat. Dalampencapaianhasilbelajarbanyakfaktor yang mempengaruhinyaantara lain adalahfaktorlingkungankeluargadantemansebaya. Lingkungankeluargadantemansebayamerupakansalahsatufaktoreksternal yang mempengaruhikeberhasilanbelajarsiswa. Lingkungankeluargasiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegiberbeda-beda, sebagianberasaldarikeluargasederhanadansebagianberasaldarikeluarga yang berkecukupan. Siswa yang berasaldarikeluargasederhanabiasanyamerasarendahdiridanada yang merasabiasa-biasasajasehinggaada yang kurangaktifdalammengikuti proses pembelajaranpadasetiapkelas, adajugabeberapasiswa yang terbagimenjadikelompoktemansebayatertentu, danadajuga yang tidakmempunyaikelompoktemansebaya di kelas. Siswa yang tidakmempunyaikelompoktemansebaya di kelascenderungpasifdalam proses pembelajaran di dalamkelas. Kondisilingkungankeluargadanditerimanyasiswadengantemansebaya lain mempengaruhihasilbelajarsiswa.

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) pengaruhlingkungankeluargaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (2) pengaruhtemansebayaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (3) pengaruhlingkungankeluargadantemansebayaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas XI IIS SMAN Gondanglegi. Penelitianinitermasukpenelitiankuantitatif. Sampelpenelitianiniadalahseluruhpopulasisiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi yang berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data denganmenggunakanangketdandokumentasi. Data dianalisisdenganbantuanpengelolaan program SPSS 20 for Windows.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: (1) terdapatpengaruh yang signifikanlingkungankeluargaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (2) terdapatpengaruh yang signifikantemansebayaterhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi, (3) terdapatpengaruh yang signifikansecarasimultanlingkungankeluarga (X1) dantemansebaya (X2) terhadaphasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelas XI IIS SMAN 1 Gondanglegi. hasilpenelitian yang di dapatbahwatemansebayaberpengaruhsangatbesarterhadaphasilbelajarsiswadaripadalingkungankeluargameskipunsama-samaadapengaruhterhadaphasilbelajarsiswa

 

Berdasarkanhasilpenelitianini, dapatdisarankan: (1) sekolahhendaknyabekerjasamadenganwalimuridapabilasiswamengalamipermasalahan di lingkungankeluarga, (2) guru lebihmemperhatikansiswanyaapabilamerekamengalamimasalahbaikdenganlingkungankeluargamaupundengantemansebaya,danmempunyaiinovasi yang berhubungandenganhasilbelajarsiswa yang menunjang (3) penelitianselanjutnyadiharapkandapatmerefleksikanpenelitianinidenganfaktoreksternal yang berbedamisalnyadisiplinbelajar, fasilitasbelajardisekolah, lingkunganmasyarakat, sehinggabergunasebagaitambahanpengetahuan, kajiandanreferensiuntukpermasalahan yang berkaitandenganmasalahpenelitianini.