SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Ekstrakurikuler Klub Ekonomi untuk Pengembangan Diri Peserta Didik di MA Almaarif Singosari Malang

Dini Fatma Maulaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri peserta didik yang dilakukan di luar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki di luar bidang akademik. Serta memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari peserta didik. Kegiatan yang ada dalam ekstrakurikuler juga dapat membantu peserta didik agar dapat bekerjasama dengan orang lain dan membangun kemandirian dalam diri peserta didik. Salah satu ekstrakurikuler yang ada di MA Almaarif Singosari Malang adalah kegiatan ekstrakurikuler klub ekonomi. Ekstrakurikuler klub ekonomi ini sangat unik karena terdapat kegiatan seminar yang selalu dilakukan anggota klub ekonomi ekstrakurikuler ini tidak hanya fokus pada teori ekonomi semata namun juga memberikan praktik ilmu ekonomi secara langsung.Mereka yang menjadi anggota tidak hanya anak IPS, namun anak IPA dan Bahasa juga dapat menjadi anggota klub ekonomi.Pelaksanaan ekstrakurikuler klub ekonomi tidak lepas dari fungsi manajemen yang mendukungyaitu: perencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Peran manajemen sangat penting dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Fokus penelitian yaitu: 1) Perencanaan ekstrakurikuler klub ekonomi; 2) Pengorganisasian ekstrakurikuler klub ekonomi; 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler klub ekonomi; 4) Pengawasan dan evaluasi ekstrakurikuler klub ekonomi;5) Faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler klub ekonomi; 6) Upaya mengatasi hambatan ekstrakurikuler klub ekonomi di MA Almaarif Singosari Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi, ketekunan pengamatan, dan kecukupan bahan referensi. Penelitimenggunakananalisis data yaitu: kondensasi data, penyajian data, danverifikasi data ataukesimpulan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada masing-masing fokus penelitianmeliputi1) perencanaan ekstrakurikuler klub ekonomi terdiri dari penyusunan program kerja, koordinasi pembina ekstrakurikuler klub ekonomi, perekrutan anggota baru, penetuan jadwal di kelas, dan penyusunan anggaran; 2) pengorganisasian ekstrakurikuler klub ekonomi terdiri dari tugas dan wewenang pembina ekstrakurikuler klub ekonomi, jumlah anggota ekstrakurikuler klub ekonomi, pemilihan pengurus ekstrakurikuler klub ekonomi, dan tugas pengurus ekstrakurikuler klub ekonomi; 3) pelaksanaan ekstrakurikuler klub ekonomi yang terdiri dari kunjungan ke perusahaan, kegiatan kewirausahaan, partisipasi kegiatan sekolah, dan seminar kewirausahaan; 4) pengawasan dan evaluasi ekstrakurikuler klub ekonomi terdiri dari evaluasi oleh pembina dan pengajar, pengawasan oleh pembina; 5) faktor pendukung ekstrakurikuler klub ekonomi terdiri dari sarana dan prasarana, peserta didik, dan sistem sekolah, dan faktor  penghambat ekstrakurikuler klub ekonomi yang terdiri dari ruang kegiatan, waktu kegiatan, dan dana kegiatan; 6) upaya mengatasi hambatan ekstrakurikuler klub ekonomi terdiri dari mencari ruang lain, menyeimbangkan waktu, dan mencari tambahan dana.

 

Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada beberapa pihak meliputi1)Kepala MA Almaarif Singosari Malang agar dijadikan bahan evaluasi dalam mengawasi kegiatan ekstrakurikuler klub ekonomi sehingga dapat menyediakan fasilitas yang lebih maksimal kepada anggota ekstrakurikuler klub ekonomi;2) Pembina ekstrakurikuler klub ekonomi agar lebih meningkatkan keaktifan dan kreatifitas anggota klub ekonomi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler klub ekonomi; 3) Alumni MA Almaarif Singosari Malang agar menjadi tali silaturrahmi yang lebih erat dan baik antara sekolah dan alumni, sehingga alumni dapat memberikan partisipasi dalam meningkatkan dan mengelola ekstrakurikuler klub ekonomi; 4) Anggota ekstrakurikuler klub ekonomi MA Almaarif Singosari Malang agar dijadikan motivasi untuk lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler klub ekonomi; 5) KetuaJurusan Administrasi Pendidikan agar dapat dijadikan referensi tambahan dalam mengembangkan ilmu manajemen peserta didik khususnya yang berkaitan dengan layanan ekstrakurikuler, dan 6) Peneliti lain agar dapat dijadikan sumber inspirasi dalam mengembangkan wawasan khususnya dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan manajemen ekstrakurikuler.