SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN HOMESCHOOLING (Studi Kasus Sekolah Dolan Malang)

Bintang Wahyudhi Akbar

Abstrak


ABSTRAK

 

Akbar, Bintang Wahyudhi. 2017. Manajemen Kurikulum Pendidikan Homeschooling (Studi Kasus Sekolah Dolan Malang). Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S. Sos, M.Pd, (II) Desi Eri Kusumaningrum, M.Pd

 

Kata Kunci: studi kasus, manajemen kurikulum, kurikulum homeschooling

Homeschooling salah satu pendidikan alternatif yang ada di Indonesia, kurikulum di dalam pendidikan homeschooling tidak diatur oleh pemerintah, karena setiap penyelenggara homeschooling mempunyai otonomi untuk merumuskan sendiri mengenai kurikulum yang diterapkan di homeschooling mereka masing-masing. Terkait dengan hal tersebut Homeschooling Sekolah Dolan mempunyai kurikulum tersendiri yang terdiri dari kurikulum yang disarankan oleh pemerintah dikolaborasikan dengan program kegiatan yang dibuat oleh orangtua.

Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui (1) perencanaan kurikulum pendidikan homeschooling di Sekolah Dolan Malang, (2) pelaksanaan kurikulum pendidikan homeschooling di Sekolah Dolan Malang, dan (3) evaluasi kurikulum pendidikan homeschooling di Sekolah Dolan Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan kurikulum pendidikan homeschooling di Sekolah Dolan Malang, (2)

mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum pendidikan homeschooling di Sekolah Dolan Malang, (3) mendeskripsikan proses evaluasi kurikulum pendidikan homeschooling di Sekolah Dolan Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Sumber data didapatkan dari narasumber yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, dan tentor di Sekolah Dolan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teknik penelitian, perpanjangan waktu pengamatan dan kegiatan member check. Analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) kondensasi data, (2) display data, dan (3) verifikasi.

Temuan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum dimulai sejak pertama kali orangtua peserta didik mendaftarkan anaknya bersekolah di Sekolah Dolan, yang mana orangtua tersebut harus mempunyai rancangan arah dan program belajar bagi anaknya. Perumusan kurikulum tentunya disesuaikan dengan tujuan dari penyelenggaraan lembaga tersebut, isi kurikulum dibuat sesuai dengan arahan pemerintah tetapi pada pelaksanaannya Sekolah Dolan dapat melakukan pengembangan, (2) dalam pelaksanaan kurikulum, Sekolah Dolan juga mengikuti aturan perundang-undangan tentang pendidikan nonformal yaitu ada mata pelajaran wajib yang harus ditempuh peserta didik yakni mata pelajaran ujian nasional dan juga materi yang berkaitan dengan non akademik yang disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing peserta didik. Dalam proses pelaksanaan kurikulum yang berkaitan dengan model pembelajaran, Sekolah Dolan juga menerapkan pola klasikal dan mandiri, selain itu juga ada home visit, dimana seorang guru datang ke rumah siswa dan mereka melakukan kegiatan pembelajaran di rumah siswa tersebut dan (3) evaluasi kurikulum, pada akhir tahun ajaran Sekolah Dolan juga mengadakan evaluasi tahunan yang membahas tentang program-program yang belum tercapai sehingga dapat dijadikan bahan perbaikan untuk tahun ajaran yanng akan datang. Proses evaluasi tersebut dilaksanakan oleh seluruh guru Sekolah Dolan. Selain itu, Sekolah Dolan juga ada evaluasi dengan orangtua dalam bentuk workshop yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.

 

Adapun saran yang dapat peneliti berikan setelah mendapatkan hasil penelitian kepada: (1) Master camp homeschooling Sekolah Dolan disarankan untuk merumuskan dan menetapkan visi, misi serta tujuan yang jelas terhadap pendirian lembaga Sekolah Dolan agar peserta didik mendapatkan gambaran yang jelas terkait arah proses belajar mereka di sekolah. Selain itu Master camp perlu melakukan studi banding antar lembaga homeschooling untuk menambah informasi terkait pengelolaan manajemen kurikulum di lembaga homeschooling lain dan menyerap kiat-kiat kepemimpinan dari pimpinan lembaga homeschooling yang lain, (2) Tutor Sekolah Dolan disarankan untuk membuat RPP khusus yang lebih rinci dan disesuaikan dengan masing-masing peserta didik agar peserta didik dapat mendapatkan pembelajaran sesuai dengan daya serap mereka masing-masing, (3) Orangtua siswa Homeschooling Sekolah Dolan disarankan untuk lebih bersikap kooperatif dan bersinergi dengan sekolah dalam kegiatan perumusan kurikulum mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kurikulum serta diharapkan terlibat penuh di dalam proses penentuan metode belajar, lokasi belajar, dan hal yang akan dipelajari peserta didik karena pada dasarnya di dalam pendidikan homeschooling yang sebenarnya, orangtua merupakan kepala sekolah dalam proses pendidikan homeschooling bagi anaknya masing-masing, dan (4) Peneliti lain disarankan untuk memperdalam penelitian ini di masa yang akan datang agar penelitian ini dapat semakin berkembang dan juga dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.