SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Transparansi Pengelolaan Dana BOS terhadap Public Trust Orang Tua Siswa Kepada Manajemen Sekolah Dasar di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Desi Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Desi. 2017. Pengaruh Transparansi Pengelolaan Dana BOS terhadap Public Trust Orang Tua Siswa Kepada Manajemen Sekolah Dasar di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd, (II) Teguh Triwiyanto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci:transparansi, pengelolaan dana BOS, public trust

Pendidikan merupakan investasi dalam membangun serta mengembangkan sumber daya manusia sebagai pendorong meningkatkan kecakapan dan kemampuan masyarakat di Indonesia agar menjadi masyarakat yang bersumber daya manusia tinggi. Pendidikan dipandang sebagai kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat yang ingin maju dan bersaing di era globalisasi. Pemerintah merencanakan wajib belajar sembilan tahun yang merupakan salah satu upaya untuk dapat meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan di Indonesia. Namun hal ini tidak menjamin setiap warga negara mendapat pendidikan, karena mahalnya biaya pendidikan yang dikeluarkan. Melihat hal tersebut mendorong pemerintah untuk mencetuskan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai upaya untuk meningkatkan akses masyarakat khususnya siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu, terhadap pendidikan yang berkualitas dalam rangka menuntaskan program wajib belajar sembilan tahun. Program BOS sangat berperan untuk mempertahankan angka keikutsertaan bersekolah, yang dilihat melalui indikator Angka Partisipasi Kasar (APK). BOS harus berkontribusi penting dalam peningkatan mutu pendidikan dasar, serta tuntutan untuk menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaannya. Transparansi merupakan keterbukan atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang kebijakan pendidikan. Transparansi sangat diperlukan dalam rangka meningkatan dukungan orang tua, masyarakat, dan pemerintah dalam penyelenggaraan seluruh program pendidikan di sekolah.

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) tingkat kepercayaan orang tua siswa di SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang; (2) transparansi pengelolaan dana BOS di SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang; dan (3) pengaruh transparansi pengelolaan dana BOS di SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripsi dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dimana transparansi pengelolaan dana BOS menjadi variabel bebas (X), dan public trust orang tua siswa (Y). Responden dalam penelitian iniorang tua siswa di SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sebanyak 350 orang. Jumlah responden ditetapkan berdasarkan rumus slovin dan responden untuk masing-masing sekolah diambil dengan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas: (1) analisis deskriptif;  dan (2) analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepercayaan orang tua siswa di SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dalam kategori tinggi atau baik; (2) transparansi pengelolaan dana BOS di SD Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dalam kategori sedang atau cukup baik; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara transparansi pengelolaan dana BOS dengan public trust (kepercayaan) orang tua siswa.

 

Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada: (1) Ketua Komisi E DPRD Kota Malang, sebaiknya melakukan pengawasan secara ekternal agar pengelolaan dana BOS dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran pada petunjuk teknis pengelolaan dana BOS. Serta dapat memenuhi prinsip transparansi yang bertujuan menyediakan informasi yang relevan dan akuntabel kepada masyarakat luas atau pihak yang berkepentingan; (2) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, sebaiknya memberikan pembinaan kepada kepala sekolah dan guru tentang bagaimana melakukan pengelolaan dana BOS yang sesuai standar dan prinsip transparansi pengelolaan dana BOS dengan baik dan benar.; (3) Kepala SD se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, sebaiknya dapat memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pengelolaan dana BOS kepada masyarakat khususnya orang tua siswa melalui rapat wali murid agar informasi terkait dana BOS dapat diketahui dengan jelas.; (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, sebaiknya dijadikan sebagai referensi pengembangan matakuliah Administrasi Pendidikan khususnya Manajemen Keuangan Sekolah guna mengetahui sejauh mana program BOS telah diterapkan di sekolah; dan (5) Bagi peneliti lain selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan dikembangkan lebih lanjut dengan mengembangkan pokok permasalahan atau variabelnya, metode penelitian, lokasi penelitian, serta jenjang pada sekolah yang berbeda baik sekolah menengah pertama maupun menengah atas.