SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif disertai Pemberian Reward and Punishment Untuk Efisiensi Waktu Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Gambar Bangunan

Eka Satrianti . Satrianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Satrianti, Eka. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif disertai

Pemberian Reward and Punishment Untuk Efisiensi Waktu Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Gambar Bangunan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M. Pd, M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M. Pd.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Reward and Punishment, Efisiensi Waktu Siswa, Gambar Bangunan.

Gambar Teknik pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari menyajikan tugas dasar-dasar gambar bangunan. Strategi pembelajaran pada paket keahlian Teknik Gambar Bangunan masih menerapkan penyelesaian tugas secara individu sehingga waktu yang digunakan siswa untuk menyelesaikan tugas dalam pembelajaran tersebut kurang efisien yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Penelitian bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif disertai pemberian reward and punishment pada mata pelajaran gambar teknik, (2) untuk meningkatkan efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan pemberian tugas.

Hasil penelitian: (1) penerapan strategi pembelajaran kooperatif disertai pemberian reward and punishment dapat meningkatkan efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan pada mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari, (2) ketepatan waktu pengumpulan pada siklus 1 yaitu 50% siswa dan siklus 2 100% siswa, (3) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 78,55 sedangkan pada siklus 2 adalah 82,47.

Kesimpulan penelitian: Penerapan strategi kooperatif memberi pengaruh positif bagi siswa secara keseluruhan. Siswa pandai yang sebelumnya hanya terfokus untuk menyelesaikan tugas secara mandiri, berubah menjadi mau membantu siswa lainnya untuk menyelesaikan tugasnya. Sedangkan siswa yang sebelumnya pasif dalam mengerjakan tugas menjadi aktif saat menyelesaikan tugasnya dengan adanya bantuan dari siswa pandai. Dengan pemberian reward and punishment yang berupa penambahan atau pengurangan nilai mampu mendorong kerjasama antar siswa dalam  menyelesaikan tugas sehingga efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan pada mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari dapat meningkat. Saran penelitian: (1) siswa hendaknya menunjukkan kerjasama dalam penyelesaian tugas gambar agar dapat diperoleh ketepatan waktu sesuai dengan yang ditentukan, (2) guru dapat menerapkan strategi ini karena dapat meningkatkan efisiensi waktu siswa dan hasil belajar siswa, (3) bagi peneliti selanjutnya perlu mempertimbangkan aspek penilaian lainnya jika hendak melakukan penelitian ini.

Satrianti, Eka. 2017. Implementation of cooperative learning strategy with

reward and punishment for efficiency of student’s time in doing building drawing job. Mini Thesis, Education Building Engineering Program, Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Made Wena, M. Pd, M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M. Pd.

Keywords: cooperative learning strategy, reward and punishment, efficiency of student’s time, building drawing.

The Technical Drawing on the Building Draw Engineering Expertise Package at SMK Negeri 1 Singosari presents the basic task of building drawing. Learning strategy in the Package of Building Draw Engineering package still apply individual task completion so that the time used by student to finish the task in less efficient learning that will ultimately influence student learning result.

The objectives of the research are: (1) to find out how to implementation cooperative learning strategy with reward and punishment on technical drawing lesson; (2) to improve students' time efficiency in building drawing tasks; (3) to improve student learning outcomes in drawing subjects technique. This study uses a classroom action research design. Data collection techniques used observation, documentation and assignment.

Result of research: (1) implementation of cooperative learning strategy along with giving reward and punishment can improve student's time efficiency in doing building drawing job on Technical Drawing lesson in class X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari; (2) on-time collection in cycle 1 is 50% Of students and in cycle 2 is 100% students, (3) the average value of student learning outcomes in cycle 1 is 78,55 while in cycle 2 is 82,47.

 

Research conclusion: implementation of cooperative learning strategy has a positive effect on students as a whole. Clever students who previously only focused on completing the task independently, changed to be willing to help other students to complete the task. While students who previously passive in doing the task become active when completing the task with the help of clever students. By giving reward and punishment in the form of addition or reduction in value able to encourage cooperation among students in completing the task so that the students' time efficiency in working on building drawings on the subjects of Technical Drawing in class X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari can increase. Suggestion of research: (1) students should show cooperation in completion of the task of drawing in order to obtain the punctuality as specified, (2) the teacher can apply this strategy because it can improve student time efficiency and student learning outcomes, (3) Consider other aspects of the assessment if you want to do this research.