SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KECAMATAN TRENGGALEK

TUTUT ARI WAHYUNI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang karena dianggap penting untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Permasalahan saat ini adalah masih dijumpai guru yang berada di luar sekolah pada saat jam kerja. Masalah ini bisa disebabkan karena kurangnya perhatian dan kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yangmengakibatkantingkat kinerja guru rendah, sehingga berimbas secara langsung pada prestasi peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahuitingkat penerapan kepemimpinan pembelajaran di SMPN se-Kecamatan Trenggalek; mengetahui tingkat kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Trenggalek; dan menjelaskan tingginya pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN se-Kecamatan Trenggalek.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu deskriptif korelasional, dengan populasi terdiri dari para guru sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Trenggalek-Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 242 orang dan sampel sebanyak 152 guru/responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik angket tertutup, data yang dianalisis dengan teknik regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berada pada kualifikasi tinggi, yaitu berada pada interval 188-141 dengan persentase sebesar 100% atau 152 responden; (2) kinerja guru berada pada kualifikasi tinggi, yang berada pada interval 128-96 dengan persentase sebesar 80% (122 responden); dan (3) ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:(1) Penerapan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah sudah sangat baik, Kepala sekolah sudah dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin pembelajaran sesuai dengan butir butir penting kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional, (2) Tingkat kinerja guru di SMPN se Kecamatan Trenggalek sudah tinggi, yang berarti bahwa guru sudah menunjukkan kinerjanya secara maksimal dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai seorang pendidik serta terus berusaha untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kinerjanya, (3) Pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMPN se Kecamatan Trenggalek dilihat pada hasil perhitungan R square sudah cukup baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja guru.

 

Penelitian ini menyarankan sebagai berikut: (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek untuk memberikan pengarahan secara berkelanjutan kepada kepala sekolah untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin sekolah khususnya pemimpin pembelajaran; (2) Kepala Sekolah di SMPN se Kecamatan Trenggalek untuk meningkatkan perbaikan kinerja sebagai seorang pemimpin dengan menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi yang dibutuhkan oleh guru maupun peserta didik sehingga meningkatkan kinerja guru menjadi lebih kondusif lagi; (3) Guru di SMPN se Kecamatan Trenggalek untuk lebih sering mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan guru; dan (4) Peneliti Lain untuk lebih menyempurnakan kekurangan yang ada pada penelitian ini dan pengambilan sampel lebih besar serta  menyeluruh sehingga data yang didapat akan lebih valid.