SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Pada Sekolah Umum Berciri Khas Islam Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani Kota Malang,

Bagus Rachmad Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Bagus Rachmad. 2017. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Pada Sekolah Umum

Berciri Khas Islam Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani

Kota Malang, Jurusan  Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas

Negeri Malang.  Pembimbing:  (1) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si, (II) Dr.Juharyanto,

M.Pd, M.M.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial, Sekolah Umum Berciri Khas Islam,

SDIT Ahmad Yani Kota Malang

Sekolah perlu dikelola dengan baik peran kepala sekolah memiliki peranan penting dalam mengatur aktifitas pengelolaan sekolah sehingga sekolah dapat melaksanakan visi, misi, serta tujuan sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam mengatur sekolah disebut dengan keterampilan manajerial karena berkaitan dengan strategi dalam mengatur segala sumber daya yang ada di sekolah untuk mencapai tujuan sekolah. Setiap  kepala sekolah memiliki keterampilan manajerial yang berbeda-beda antara individu dengan individu lainnya. Sekolah dengan ciri khas Islam tentu berbeda dengan sekolah pada umumnya. Aktifitas pembelajaran dan pengelolaan sekolah akan berbeda dengan sekolah umum lainnya karena sekolah memadukan nilai-nilai Agama Islam dalam pengelolaan sekolah tersebut yang tentunya memiliki keunikan dalam aspek manajerial yang dilakukan oleh kepala sekolah karena kepala sekolah bukan hanya manager dan pemimpin di sekolah tetapi panutan bagi semua warga sekolah dalam penerapannya pun pasti ada hal yang berbeda dengan sekolah lainnya. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan yang mendalam tentang keterampilan manajerial kepala sekolah di sekolah umum berciri khas Islam.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah di sekolah umum berciri khas Islam, dampak penerapan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan berciri khas Islam terhadap pengelolaan sekolah, hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menerapkan keterampilan manajerial di sekolah umum berciri khas Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian berupa dokumen-dokumen sekolah, dokumentasi kegiatan sekolah, hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti berupa catatan lapangan, dan catatan wawancara peneliti dengan narasumber atau informan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelahaan data, tahap identifikasi dan klasifikasi data, dan tahap evaluasi data.

 

Dari hasil penelitian tentang keterampilan manajerial kepala sekolah pada sekolah umum berciri khas Islam ditemukan bahwa (1) implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah di sekolah umum berciri khas Islam adalah memadukan muatan akademis kurikulum nasional dengan kurikulum sekolah yang berdasarkan pada nilai-nilai Agama Islam dengan Al-Qur’an dan Hadist sebagai dasar pelaksanaan program pembelajaran dan pengelolaan program sekolah yang dijabarkan pada 17 (tujuh belas) jaminan mutu sekolah, (2) dampak penerapan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan berciri khas Islam terhadap pengelolaan sekolah di SDIT Ahmad Yani Kota Malang adalah terciptanya budaya Islami di lingkungan sekolah dan komitmen bekerja dan beribadah bagi semua guru dan pegawai sekolah termasuk kepala sekolah untuk jujur, amanah, dan ikhlas dalam melayani peserta didik dan orangtua peserta didik, (3) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menerapkan keterampilan manajerial di sekolah umum berciri khas Islam adalah guru yang belum professional secara kompetensi mengajar dalam memadukan pembelajaran dengan nilai-nilai Islam pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan pandangan orangtua peserta didik  tentang sekolah yang berafialiasi dengan organisasi Islam tertentu sehingga terkadang orangtua peserta didik menuntut proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan pandangan organisasi Islam tertentu.