SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Upik Puspita Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi,  Upik Puspita. 2017. Hubungan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Agus Timan, M.Pd, (II) Teguh Triwiyanto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pelaksanaan supervisi kepala sekolah, kinerja guru.

Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah memerlukan pendidik profesional dan kegiatan pembelajaran yang sistematis dalam mencapai sasarannya. Kegiatan pembelajaran di sekolah tergantung pada banyak aspek, baik aspek personel, operasional, maupun material yang perlu mendapatkan pembinaan dan pengembangan secara berkelanjutan. Aspek personel diantaranya adalah guru (pendidik) yang secara langsung terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Peranan guru tidak hanya terbatas sebagai pengajar (menyampaikan ilmu pengetahuan), tetapi juga sebagai pembimbing, pengembang, dan pengelola kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Guru sebagai tenaga pendidik yang kinerjanya berinteraksi secara langsung dengan peserta didik ketika kegiatan pembelajaran harus mempunyai kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja guru dalam pelaksanaannya memerlukan pengawasan, pengarahan, dan perbaikan-perbaikan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kinerjanya yang nantinya berpengaruh pada prestasi peserta didik dan mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh sekolah. Pengawasan, pengarahan, perbaikan kinerja guru tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan supervisi pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah dapat bermanfaat bagi perbaikan situasi pembelajaran ke arah yang lebih baik, karena kualitas kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas dapat ditingkatkan.

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan: (1) tingkat kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo; (2) tingkat pelaksanaan supervisi kepala SD Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo; dan (3) hubungan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dimana supervisi kepala sekolah menjadi variabel bebas (X), dan kinerja guru menjadi variabel terikat (Y).  Responden dalam penelitian ini guru PNS di SD Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo sebanyak 144 orang. Jumlah responden ditetapkan berdasarkan tabel Krecjie Morgan dan responden untuk masing-masing sekolah diambil dengan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas: (1) analisis deskriptif; (2) analisis korelasi product moment pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru SD negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo dalam kategori tinggi; (2) pelaksanaan supervisi kepala SD Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo dalam kategori tinggi; dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru.

 

Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada: (1) bagi pengawas satuan pendidikan Kabupaten Ponorogo, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan pelaksanaan pengawasan pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar serta dapat dijadikan tolok ukur untuk perbaikan pengawasan; (2) bagi kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo, diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan kegiatan supervisi terutama dalam mencapai tujuan dan sasaran supervisi untuk mengatasi permasalahan dalam bidang pembelajaran, pelaksanaan supervisi sesuai fungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan, serta penentuan teknik pelaksanaan supervisi agar lebih disesuaikan dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan; (3) bagi guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo, diharapkan lebih meningkatkan kinerja sesuai dengan kriteria yang harus dipenuhi serta kompetensi yang harus dimiliki dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran; dan (4) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan dikembangkan lebih lanjut dengan mengembangkan pokok permasalahan teknik pelaksanaan supervisi, mengubah lokasi penelitian dan jenjang sekolah yang berbeda.