SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Pembelajaran Eco Life Skills (Studi Kasus di Sanggar Flamboyan Muharto Kota Malang)

Dwi Rahmah Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Dwi Rahmah. 2016. Manajemen Pembelajaran Eco Life Skills (Studi Kasus di Sanggar Flamboyan Muharto Kota Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Timan, M.Pd., (II) Desi Eri Kusumaningrum, M.Pd.

 

Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Eco Life Skills

Pembelajaran Eco Life Skills merupakan program pembelajaran untuk menemani anak mempelajari kecakapan hidup yang berpusat pada aspek mengenal diri dengan tetap memperhatikan lingkungan (respect for the environment). Sanggar Flamboyan Muharto Kota Malang merupakan salah satu pusat belajar anak usia 7-12 tahun dan ibu anak pada jenis pendidikan berbasis masyarakat yang menerapkan pembelajaran Eco Life Skills. Salah satu kecakapan yang tumbuh dalam diri anak melalui pembelajaran tersebut adalah perilaku kepedulian terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Perilaku tersebut menunjukkan respon yang sesuai dengan tantangan krisis ekologis yang terjadi saat ini. Proses pembelajaran Eco Life Skills di Sanggar Flamboyan Muharto Kota Malang terintegrasi dalam berbagai bentuk kegiatan, sehingga dapat menjadi gambaran bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan kecakapan serupa tanpa merubah kurikulum dan sistem pendidikan yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan keseluruhan proses manajemen pembelajaran Eco Life Skills di Sanggar Flamboyan Muharto Kota Malang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran Eco Life Skills; (2) pengorganisasian pembelajaran Eco Life Skills; (3) pelaksanaan pembelajaran Eco Life Skills; dan (4) penilaian pembelajaran Eco Life Skills.

Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, serta verifikasi dan/atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi, pengecekan anggota, dan ketekunan pengamatan.

 

Hasil penelitian menunjukkan: (1) manajemen pembelajaran Eco Life Skills di Sanggar Flamboyan Muharto Kota Malang memiliki tujuan utama menemani tumbuh kembang anak dan mengajak merubah lingkungan menjadi lebih baik, perencanaan pembelajaran Eco Life Skills diawali pendamping dengan menstimulus anak tentang kondisi lingkungan sekitar mereka melalui dongeng dan pengamatan langsung; (2) pengorganisasian pembelajaran sanggar anak dilakukan melalui penetapan 7 kategori kegiatan yang memuat 11 aspek Eco Life Skills, sedangkan di sanggar bunda ditetapkan 1 kegiatan utama yaitu membuat kerajinan tangan dari barang bekas; (3) pelaksanaan pembelajaran Eco Life Skills dominan menggunakan model pembelajaran langsung dan berbasis masalah dengan metode diskusi dan kooperatif; (4) penilaian pembelajaran dilakukan secara informal dan formal melalui home visit, pengamatan pribadi, tes tertulis, portofolio, pameran, apresiasi perilaku positif, uji skala sikap, laporan evaluasi kegiatan per bulan dan laporan perkembangan anak, aspek yang dinilai meliputi: (a) kegiatan yang disukai anak; (b) akhlak; (c) keterampilan/kemandirian (skills); dan (d) keaktifan (motivasi, kehadiran, dan partisipasi).