SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Kualitas Layanan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta di Kabupaten Ngawi

Indah Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Indah. 2017. Perbedaan Kualitas Layanan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta di Kabupaten Ngawi. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd, (II) Drs. H. Burhanuddin, M.Ed, Ph.D

 

Kata Kunci: kualitas layanan, SMK Negeri, SMK Swasta

Kualitas layanan harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada kepuasan pelanggan pendidikan. Hal ini berarti kualitas layanan yang baik bukanlah berdasarkan pendapat atau persepsi pihak lembaga pendidikan, melainkan berdasarkan persepsi dari pelanggan, dan diakhiri dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanandi SMK Negeri dan SMK Swasta di Kabupaten Ngawi, dan untuk mengetahuiperbedaan kualitas layanan di SMK Negeri dan SMK Swasta di Kabupaten Ngawi.

Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif komparatif. sampel yang dilibatkan sejumlah  392 orang siswa SMK di Kabupaten Ngawi yang ditetapkan melaluimultistage random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik mean dan independent t test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa,kualitas layanan SMK Negeri Kabupaten Ngawi dikategorikan baik dan standar deviasi sangat homogen, sedangkan kualitas layanan SMK Swasta Kabupaten Ngawi dikategorikan sangat baik dan standar deviasi sangat homogen. Setelah melaksanakan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima. Yang berarti terdapat perbedaan kualitas layananSMK Negeri dan SMK Swasta di Kabupaten Ngawi. Dapat dikatakan pula SMK Swasta lebih baik daripada SMK Negeri.

Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan beberapa saran sebagai berikut.Pertama, bagi Kepala Dinas Pendidikan hendaknya berusaha mempertahankan layanan pendidikan dan meningkatkan layanan terutama pada SMK Negeri agar layanan pendidikan antara SMKN dan SMKS sama-sama berada dalam kategori sangat baik. Kedua, bagi Kepala SMK Negeri hendaknya meningkatkan kualitas layanan karena masih berada pada kategori baik. Ketiga, bagi Kepala SMK Swasta hendaknya mempertahankan kualitas layanan yang diberikan untuk pelanggan pendidikan dalam kategori sangat baik. Keempat, bagi peneliti yang akan datang untuk menambahkan variabel lain sehingga diperoleh informasi secara lengkap dan lebih sempurna terkait dengan kualitas layanan SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Ngawi.