SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar se Kecamatan Tambakrejo Bojonegoro

Sri Murtiah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

ABSTRAK Murtiah, Sri. 2017. Analisis Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar se Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd, (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: komite sekolah, penyelenggaraan pendidikan, peran komite sekolah Komite sekolah merupakan badan mandiri yang mewadahi masyarakat dalam meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Dengan adanya komite sekolah diharapkan peran serta masyarakat akan semakin sentral dalam pendidikan. Permasalahannya adalah komite sekolah belum dapat menjalankan perannya dengan baik, akibatnya banyak persoalan pendidikan yang belum dapat diselesaikan sehingga kualitas pendidikan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Peran komite sekolah tersebut meliputi peran sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol serta sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian berupa angka yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan untuk mengetahui tingkat peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 SD dan 688 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling area kemudian untuk menentukan responden dari setiap sekolah digunakan teknik stratified random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 17 SD dan 184 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 43 item pernyataan dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan rata-rata hitung. Hasil penelitian menunjukkan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 34,49, peran komite sekolah dalam memberikan dukungan pada proses penyelenggaraan pendidikan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 23,27, peran komite sekolah sebagai pengontrol pada proses penyelenggaraan pendidikan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 36,06, dan peran komite sekolah sebagai mediator berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 30,98. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peran komite sekolah dalam memberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator dalam penyelenggaraan pendidikan semuanya berapa pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan komite sekolah dapat mempertahankan perannya dalam penyelenggaraan pendidikan, kepala sekolah dan guru harus lebih aktif melibatkan komite sekolah agar komite sekolah dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran dalam proses penyelenggaraan pendidikan. ABSTRAK Murtiah, Sri. 2017. Analisis Peran Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar se Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd, (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: komite sekolah, penyelenggaraan pendidikan, peran komite sekolah Komite sekolah merupakan badan mandiri yang mewadahi masyarakat dalam meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Dengan adanya komite sekolah diharapkan peran serta masyarakat akan semakin sentral dalam pendidikan. Permasalahannya adalah komite sekolah belum dapat menjalankan perannya dengan baik, akibatnya banyak persoalan pendidikan yang belum dapat diselesaikan sehingga kualitas pendidikan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Peran komite sekolah tersebut meliputi peran sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol serta sebagai mediator. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian berupa angka yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan untuk mengetahui tingkat peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 SD dan 688 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling area kemudian untuk menentukan responden dari setiap sekolah digunakan teknik stratified random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 17 SD dan 184 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 43 item pernyataan dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan rata-rata hitung. Hasil penelitian menunjukkan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 34,49, peran komite sekolah dalam memberikan dukungan pada proses penyelenggaraan pendidikan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 23,27, peran komite sekolah sebagai pengontrol pada proses penyelenggaraan pendidikan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 36,06, dan peran komite sekolah sebagai mediator berada pada kategori tinggi dengan rata-rata hitung sebesar 30,98. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peran komite sekolah dalam memberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan sebagai mediator dalam penyelenggaraan pendidikan semuanya berapa pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan komite sekolah dapat mempertahankan perannya dalam penyelenggaraan pendidikan, kepala sekolah dan guru harus lebih aktif melibatkan komite sekolah agar komite sekolah dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran dalam proses penyelenggaraan pendidikan.