SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMENUHAN DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR ELEKTRONIK DAN NON ELEKTRONIK BAGI SISWA SMP SE KECAMATAN KOTA KEDIRI

INTEN MEGA MAWARNI

Abstrak


ABSTRAK

Mawarni, Inten Mega. 2016. Pemenuhan dan Pemanfaatan Sumber Belajar Elektronik dan Non Elektronik Bagi Siswa. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin, M.Pd, (2) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si Kata kunci : sumber belajar elektronik, sumber belajar non elektronik

 Sumber belajar merupakan komponen yang membantu dalam proses belajar mengajar, sumber belajar juga adalah sebagai daya yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar. Sumber belajar dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, perpustakaan, narasumber, lingkungan alam sekitar dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi dasar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (1) pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar elektronik di SMP Negeri dan Swasta (2) pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar non elektronik di SMP Negeri dan Swasta (3) perbedaan pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar elektronik dan non elektronik bagi siswa SMP Negeri dan Swasta di SMP Se-Kecamatan Kota Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Kausal Komparatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 7365 siswa dan sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling dari jumlah 379 siswa terdiri dari 278 siswa SMP Negeri dan 101 siswa SMP Swasta. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan analisis deskriptif komparatif dan analisis Uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar elektronik di SMP Negeri dan SMP Swasta di SMP Se-Kecamatan Kota Kediri termasuk dalam kualifikasi tinggi; (2) pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar non elektronik di SMP Negeri dan SMP Swasta di SMP Se-Kecamatan Kota Kediri termasuk dalam kualifikasi tinggi; (3) ada perbedaan pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar elektronik bagi siswa SMP Negeri dan SMP Swasta di SMP Se-Kecamatan Kota Kediri; (4) ada perbedaan pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar non elektronik bagi siswa SMP Negeri dan SMP Swasta di SMP Se-Kecamatan Kota Kediri.

Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) Kepala sekolah hendaknya dapat lebih melengkapi sumber belajar baik elektronik maupun non elektronik agar siswa dapat lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar; (2) Guru diharapkan mampu lebih memanfaatkan sumber belajar baik elektronik maupun non elektronik untuk menyampaikan materi agar siswa lebih giat untuk belajar; (3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih memanfaatkan sumber belajar yang ada, bahwa pada dasarnya baik sekolah negeri maupun swasta seharusnya memiliki kemampuan yang sama untuk memanfaatkan sumber belajar elektronik dan non elektronik; (4) Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi jurusan tentang pemenuhan dan pemanfaatan sumber belajar elektronik dan non elektronik yang dapat dijadikan referensi untuk penelitian yang sejenis; (5) Diharapkan mampu menyempurnakan penelitian ini dan kedepannya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambah variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.