SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Upaya Pengembangan Keprofesian dan Produktivitas Kerja Guru Tetap dan Guru Tidak Tetap di SMA Negeri Se-Kota Malang

FILAN TARI CAHYANI

Abstrak


ABSTRAK

 Cahyani, Filantari. 2016. Perbedaan Upaya Pengembangan Keprofesian dan Produktivitas Kerja Guru Tetap Dan Guru Tidak Tetap. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin, M.Pd, (2) Dr. H. Achmad Supriyanto, M.Pd, M.Si Kata kunci : Pengembangan keprofesian, produktivitas kerja

Pengembangan keprofesian bagi guru masih diperlukan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas kerja. Pentingnya pengembangan keprofesian guru diharapkan dapat menjadikan guru yang profesional dan bermartabat memberikan teladan bagi terbentuknya kualitas sumber daya manusia yang kuat. Pengembangan yang dilakukan juga diharapkan mampu membantu guru untuk mengembangkan kemampuan mengajar sesuai tuntutan perkembangan peserta didik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (1) upaya pengembangan keprofesian guru tetap dan guru tidak tetap (2) produktivitas kerja guru tetap dan guru tidak tetap (3) perbedaan pengembangan keprofesian dan produktivitas kerja guru tetap dan guru tidak tetap di SMA Negeri Se-Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan metode survei. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 500 guru dan sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling dari jumlah 144 guru terdiri atas 84 guru tetap dan 60 guru tidak tetap. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan analisis deskriptif komparatif dan analisis Uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pengembangan keprofesian guru tetap dan guru tidak tetap di SMA Negeri Se-Kota Malang termasuk dalam kualifikasi tinggi; (2) produktivitas kerja guru tetap dan tidak tetap di SMA Negeri Se-Kota Malang termasuk dalam kualifikasi tinggi; (3) ada perbedaan pengembangan keprofesian guru tetap dan guru tidak tetap di SMA Negeri Kota Se-Malang; (4) ada perbedaan produktivitas kerja guru tetap dan guru tidak tetap di SMA Negeri Se-Kota Malang.Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) kepada kepala sekolah hendaknya memberi kesempatan kepada bapak/ibu guru yang belum sertifikasi dalam program pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan setempat untuk membina pengembangan keprofesian dan produktivitas kerja guru tidak tetap; (2) kepada guru diharapkan untuk berperan aktif dalam membina produktivitas kerja sehingga proses kemampuan guru dalam proses belajar mengajar dapat menjadi lebih baik.; (3) kepada ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi jurusan tentang pengembangan keprofesian dan produktivitas kerja guru yang dapat dijadikan referensi untuk penelitian yang sama; (4) kepada peneliti lain dapat mengkaji lebih lengkap pengembangan keprofesian dan produktivitas kerja guru.