SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Guru di SMA Negeri Kota Malang

QURROTUL AINUN TSAQIFAH

Abstrak


ABSTRAK

 Tsaqifah, QurrotulAinun. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Guru di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (I) Drs. H. Burhanuddin, M.Ed.,Ph.D. (II) Prof. Dr. H. M. Huda, AY, M.Pd.Kata kunci : budaya organisasi sekolah, kinerja, kepuasan kerja guru

Budaya organisasi sekolah dan kinerja diprediksi secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru.Budaya organisasi yang harmonis akan memberikan nilai yang baik kepada lembaga pendidikan. Maka kondisi yang harmonis akan mempengaruhi tingkat kinerja, dan secara tidak langsung terhadap kepuasan kerja guru yang menjadi fokus dalam penelitian ini.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan jenis-jenis budaya organisasi sekolah di SMAN Kota Malang; (2) mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat kinerja di SMAN Kota Malang; (3) mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat kepuasan kerja guru di SMAN Kota Malang; (4) mendeskripsikan pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap kinerja di SMAN Kota Malang; (5) mendeskripsikan pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMAN Kota Malang (6) mendeskripsikan pengaruh kinerja terhadap kepuasan kerja guru di SMAN Kota Malang; dan (6) mendeskripsikan pengaruh tidak langsung budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru melalui kinerja di SMAN Kota Malang.

Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Pengum¬pulan data dilakukan dengan teknik (questionnaire). Adapun analisis data menggunakan analisisj alur (Path Analysis) untuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besaranya korelasi antara satu variabel independen dengan dua variabel dependen.

Hasil analisis menunjukkan : (1) budaya organisasi sekolah termasuk dalam kategori tinggi; (2) kinerja termasuk dalam kategori tinggi; (3) kepuasan kerja guru termasuk dalam kategorit inggi;(4) pengujian hipotesis pertama menunjukkan variabel independen (X) berpengaruh tinggi terhadap variabel dependen (Y1), dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi sekolah terhadap kinerja di SMAN Kota Malang; (5) pengujian hipotesis kedua menunjukkan variabel independen (X) berpengaruh tingg iterhadap variabel dependen (Y2), dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMAN Kota Malang; (6) pengujian hipotesis ketiga menunjukkan variabel dependen (Y1) berpengaruh tinggi terhadap variabel dependen (Y2), dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara kinerja terhadap kepuasan kerja guru di SMAN Kota Malang; dan (7) Pengujian hipotesis keempat menggunakan teknik analisis jalur terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan variabel budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru melalui kinerja di SMAN Kota Malang.

Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah kepada: (1) bagi kepala sekolah, diharapkan mempertahankan organisasi sekolah yang sudah baik dan kondusif, mampu menanamkan nilai-nilai ketaatan, kebersamaan dan kejelasan dalam berorganisasi, mengajak antar guru/karyawan untuk tetap harmonis dalam hubungan kerja sehingga menciptakan kepuasan kerja;(2) bagi guru, diharapkan mampu menciptakan komitmen organisasi dan terus dikembangkan melalui pelatihan, seminar serta kreatifitas dan inovasi yang baru, mampu memberikan contoh teladan kepada anak didiknya, serta tetap mempertahankan hubungan baik antar rekan kerja dalam suatu lembaga pendidikan;(3) bagi ketua jurusan administrasi pendidikan, diharapkan penelitian ini dapat diterapkan di jurusan sebagai acuan dalam berorganisasi, serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan tentang budaya organisasi terutama di lembaga pendidikan;(4) bagi mahasiswa jurusan administrasi pendidikan, diharapkan sebagai pedoman atau referensi dalam mengembangkan budaya organisasi serta kinerja sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya di HMJ atau kegiatan organisasi yang lainnya; dan (5) penelitilain, diharapkan mengembangkan hasil penelitian pada tahun berikutnya. misalnya mencari sumber yang perlu untuk diteliti dan dijadikan variabel sertao bjeknya diusahakan berbeda dari sebelumnya.