SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI SE-KOTA MALANG

IKE USLANSARI USLANSARI

Abstrak


Program kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) membekali peserta didik dengan keterampilan dan kemampuan teknik. Secara tidak langsung membina mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, berinteraksi, berkomunikasi dan menyelesaikan masalah dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat menjadikan sistem Prakerin sebagai pengalaman langsung mengenai situasi atau kondisi secara nyata keadaan dunia kerja yang sesungguhnya. Peran Prakerin sangat berpengaruh terhadap pengalaman yang dapat menjadi bekal untuk kesiapan kerja sesuai dengan program keahlian peserta didik. Sehingga mereka percaya diri dan siap bersaing setelah lulus dan terjun di dunia kerja.

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan seberapa banyak pengalaman Prakerin peserta didik, (2) mendeskripsikan seberapa tingkat kesiapan kerja peserta didik, dan (3) mengetahui hubungan pengalaman Prakerin dan kesiapan kerja peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini tergolong jenis deskriptif dengan rancangan kuantitatif : korelasional dwivariat. Variabel bebas penelitian ini adalah (X) pengalaman Prakerin. Variabel terikat (Y) adalah kesiapan kerja peserta didik. Populasi penelitian ini sejumlah 5.653 peserta didik, sempelnya dipilih menggunakan Proportional Sampling  sehingga diketahui sampel sebanyak 374 peserta didik.

Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup (closed questionnaire). Reliabilitas pada variabel pengalaman Prakerin (X)  menunjukkan 0,894, dan reliabilitas pada variabel kesiapan kerja peserta didik (Y) menunjukkan 0,922.

Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan teknik korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis menunjukkan tingkat pengalaman Prakerin berada dalam kategori “banyak” dan tingkat kesiapan kerja peserta didik dalam kategori “sedang.”

Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan saran untuk: (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang sebaiknya dapat memberikan sosialisasi kepada sekolah-sekolah SMK terkait bagaimana manajemen Prakerin yang baik sebagai peningkatan kesiapan kerja peserta didik; (2) Bagi kepala sekolah sebagai pengatur manajemen di sekolah sebaiknya dapat berkordinasi dengan baik kepada seluruh staf sekolah agar kegiatan Prakerin dilaksanakan dengan matang sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya di sekolah kepada kegiatan praktiknya dengan begitu peserta didik semakin mendapatkan pengalaman yang banyak pada saat kegiatan Prakerin agar dapat membekali kesiapan kerja peserta didik; (3) Bagi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan sebaiknya juga melakukan penelitian terkait dunia SMK karena masih banyak yang perlu diketahui mengenai pembelajaran yang menuntut peserta didiknya untuk siap kerja. Hal tersebut dapat memperkaya karya ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan;

(4) Peserta didik sebaiknya memanfaatkan kegiatan Prakerin dengan sebaik-baiknya dengan cara lebih dapat mengembangkan diri dalam bekerja dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari sekolah ke dalam kegiatan Prakerin agar memperoleh pengalaman yang banyak dengan begitu akan juga memberikan tingkat kesiapan yang tinggi dalam memasuki dunia kerja; (5) Peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang sama sebaiknya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan berapa banyak lulusan SMK yag bekerja atau melanjutkan ke sekolah tinggi, atau dengan menjabarkannya pada variabel yang berbeda misyalnya pengalaman Prakerin dan hasil belajar peserta didik atau juga dapat menggunakan sampel dari sekolah lain atau dengan menambahkan jumlah sekolah yang diteliti.