SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN TEKNIK PEMASARAN SEKOLAH DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI SE-KOTA BLITAR

ANGGIE FAHLA ZAM ZAM

Abstrak


ABSTRAK

Zamzam, Anggie, Fahla. 2016. Hubungan antara Pelaksanaan Teknik Pemasaran Sekolah dan Motivasi Peserta Didik dalam Memilih Sekolah di SMK Negeri Se-Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. DjumDjum Noor Benty, M.Pd, (II) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd.Kata kunci: teknik pemasaran sekolah, motivasi peserta didik, memilihs ekolah

Kegiatan humass angat dibutuhkan dalam sekolah untuk komunikasi dengan orang tua pesertadidikdan masyarakat dalam hal pemasaran sekolah.Masyarakat akan tertarik untuk menyekolahkan anaknya jika sekolah menyajikan program-program sekolah yang kreatif dan menarik. Dengan demikian sekolah tidak harus bersusah payah menunggu masyarakat untuk mendatanginya.Sekolah harus bersikap proaktif dan mencari banyak terobosan untuk mempromosikan kepada masyarakat atau lembaga lain yang menggunakan layanan sekolah. Sebagaisalahsatulembagapadajenjangpendidikanmenengah, SekolahMenengahKejuruan (SMK) juga memengang peranan penting dalam mengasah dan mengembangkan setiap potensi yang ada pada diri setiap peserta didik. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan generasi bangsa yang terdidik, unggul, dan kompeten sehingga mampu bersaing dengan generasi-generasi dari negara lain. Dan untuk mewujudkan semua itu, maka pengelola SMK juga harus aktif dan kreatif dalam menjalin hubungan yang baikdengan para pelanggan dan atau masyarakat.Dengan terjalinnya hubungan yang baik antara sekolah dan pelanggan atau masyrakat, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap jumlah calon peserta didik dan yang diterima pada setiap tahunnya yaitu pada saat dilakukannya penerimaan pesertadidikbaru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan teknik pemasaran sekolah di SMK Negeri Se-Kota Blitar, dan untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik dalam memilih sekolah di SMK Negeri Se-Kota Blitar, serta hubungan antara pelaksanaan teknik pemasaran sekolah dan motivasi pesertadidik dalam memilih sekolah di SMK Negeri Se-Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat deskriptifk orelasional.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan populasi seluruh peserta didik kelas XII di SMK Negeri Se-Kota Blitar.Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah responden total sebanyak 331 orang peserta didik.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasiproduct moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki motivasi tinggi dalam memilih sekolah di SMK Negeri se-Kota Blitar yakni memiliki nilai rata-rata 88,26 berada pada interval 85,1-110,5, dan pelaksanaan teknik pemasaran sekolah di SMK Negeri se-Kota Blitar termasukdalam kategori sering dilaksanakanya kni memiliki nilai rata-rata 38,56 berada pada interval 36-45,5. Hasil analisis korelasi Product Moment Pearson menunjukkan bahwa nilai koefisienkorelasi untuk variable pelaksana anteknik pemasaran sekolah (X) dan motivasi pesertadidikdalam memilih sekolah (Y) = 0,486dan sig = 0,000. Jika sig 0,000 < 0,05maka, criteria pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0ditolak dan menerima H1.Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara pelaksanaan teknik pemasaran sekolah dan motivasi peserta didikdalam memilih sekolah di SMK Negeri se-Kota Blitar.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik pemasaran sekolah termasuk dalam kategori sering dilaksanakan; (2) Motivasi peserta didik dalam memilih sekolah termasuk dalam kategori tinggi; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan teknikpemasaran sekolah dan motivasi peserta didik dalam memilih sekolah di SMK Negeri se-Kota Blitar.

Saran penelitian ini adalah: (1)Bagi Kepala Sekolah, dapat membantu sekolah dalam memperbaiki pemasaran sekolah dan menentuk anteknik pemasaran yang efektif untuk memasarkan sekolah secara luas kepada masyarakat; (2)Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, hendaknya sebagai referensi dalam mengembangan mata kuliah manajemen hubungan sekolah dan masyarakat,(3) Bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan, dapat dijadikan sebagai program pengembangan yang berkaitan dengan mata kuliah pengembangan sistem manajemen pendidikan, dan untuk menambah referensi khususnya pada mata kuliah manajemen hubungan sekolah dan masyarakat; (4) Bagi Peserta didik, penelitian ini dapat menjadi referensi untuk memilih sekolah yang berkualitas danmengetahuikualitassekolahmelaluiteknikpemasaransekolah; (5) Bagipeneliti lain, dapat dijadikan referensi dengan mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain yang belum diteliti dalam penelitianini

ABSTRACT

Zamzam, Anggie, Fahla. 2016.The RelationsipBetween Marketing Techniques Of School And Student Motivation In Choosing School At Vocational High School In Blitar. Thesis, Education Administration, Faculty Of Education, State University of Malang. Preceptor: (I) Dra. DjumDjum Noor Benty, M.Pd, (II) Dr. Hj. Maisyaroh, M.Pd.Keywords: school marketing, technique, student motivation, choosing school

Public relations very needed in school for communication with parents and people in term of school marketing. People will be interested choosing scholl if school presnt a creative and interest in school programs. Thus, Schools did not have to go to great lengths to against waiting people. Schools had to be proactive and find many a breakthrough to promote to the people or the agency for another who use school services.Vocational high school also important role in sharpening and develop every the potential that exists on each of school tuition.It was aimed to prepare generation the people who are trained , superior , and competent order to be able to compete with generations from another country. And to realize it, vocational high school management must also be creative and active in establish a good relationship with customers and or society. By intertwining a good relationship between schools and customers, is expected to make a positive impact on the number of candidates students and received in every year and those after he did the acceptance of new students.

The purpose of research to: implementation school marketing technique, student motivation in choosing school, correlation between of marketing techniques of school implementation and student motivation in choosing school at vocational high school in blitar.

The research findings were collected through questionnaire with respondent 331 students and analyzed by descriptive correlation technique. The sample used technique proportional random sampling. The result showed that students have highly motivated when choosing a schoolat vocational high school in blitar. Namely having value rata-rata 88,26 be at intervals 85,1-110,5, and implementation of marketing techniques schoolat vocational high school in blitar, included in a category often implemented is having value rata-rata 38,56 be at intervals 36-45,5.The correlation analysis product moment pearson showing that the correlation coefficient for the school marketing techniques (X),and student motivation in choosing school (Y) = 0,486 dan sig = 0,000. If sig 0,000 < 0,05 so, the criteria for the testing of hypotheses said that H0 rejected and receive H1.This means that there is the relationship between marketing techniques and studentsmotivation in choosing schoolat vocational high school in blitar.

Based on the research done and discussion concluded that (1) implementation school marketing technique in often category, (2) student motivation in choosing school in higher category, (3) there was correlation between of school marketing technique implementation and student motivation in choosing schoolat vocational high school in blitar.This research is advice: (1) Head Master, can help improve marketing schools and determine effective marketing techniques to market school widely to the public, (2) The Major of Educational Administration, as a reference in develop public relationmanagement, (3) Student Education Administration, can be used as a program to development education management system, and would gain additional reference in particular Public relations management, (4) Student, this research can be reference to choose a school qualified and know the quality of school through marketing techniques school, (5) Other researcher, can be used as a reference to develop the study to add other variables which has investigated in this study