SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KUALITAS LULUSAN, MOTIVASI, DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENEMPATAN KERJA ALUMNI SMKN SE-KOTA MALANG

Winda Dwi Lestari

Abstrak


ABSTRAK

Lestari, D.W. 2016. Kualitas Lulusan, Motivasi,Dan Pengaruhnya Terhadap Penempatan Kerja Alumni SMKN se-Kota  Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin, M.Ed, Ph.D, (II) Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd.Kata Kunci: Kualitas Lulusan, Motivasi, Penempatan Kerja (Masa Tunggu dan Relevansi Kerja).

Masa tunggu dan relevansi kerja alumni pada lapangan pekerjaan merupakan pencarian lamanya masa tunggu alumni untuk memperoleh pekerjaan setelah lulus dan relevansijenis pekerjaan dengan bidang pengalaman yang diperoleh selama di sekolah. Kualitas lulusan dan motivasi yang dikembangkan sekolah untuk melanjutkan pada dunia usaha dan industri.

Masa tunggu dan relevansi kerja alumni pada lapangan pekerjaan bertujuan memperoleh data mengenai masa tunggu dan relevansi alumni pada lapangan pekerjaan program studi angkatan tahun 2014/2015 yang dapat dipergunakan bagi penilaian terhadap kualitas program studi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui: (1) tingkat kualitas lulusan; (2) tingkat motivasi kerja alumni; (3) seberapa lama masa tunggu kerja alumni; (4) tingkat relevansi kerja; (5) pengaruh kualitas lulusan terhadap masa tunggu kerja dan relevansi kerja alumni; (6) pengaruh motivasi kerja terhadap masa tunggu kerja dan relevansi kerja alumni; (7) arah pengaruh variabel kualitas lulusan dan motivasi kerja terhadap masa tunggu kerja dan relevansi kerja alumni; dan (8) kontribusi kualitas lulusan dan motivasi kerja terhadap masa tunggu kerja dan relevansi kerja alumni.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada alumni siswa siswi angkatan 2014/2015 sebanyak 156 alumni. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner/angket.Angket penelitian yang digunakan berupa angket terbuka dan angket tertutup.Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, homogen, dan adanya pengaruh.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kualitas lulusan berdasarkan hasil penilaian pendidikan baik; (2) rata-rata tingkat motivasi kerjadilihatdari dimensi kematangan pribadi tergolong dalam kategori baik; (3)masa tunggu kerja tertinggi selama 0-3 bulan kemudian tertinggi kedua alumni memiliki masa tunggu kerja selama 3-6; (4) rata-rata relevansi kerja tergolong pada kriteria baik; (5) ada pengaruh secara signifikan kualitas lulusan terhadap masa tunggu dan relevansi kerja alumni SMKN se-Kota Malang; (6)ada pengaruh secara signifikan motivasi kerja terhadap masa tunggu dan relevansi kerja alumni SMKN se-Kota Malang;(7) semakin baik kualitas lulusan maka relevensi kerja cenderung sesuai dan mempersingkat masa tunggu kerja dan semakin tinggi motivasi kerja maka relevensi kerja cenderung sesuai dan mempersingkat masa tunggu kerja;dan (8) kontribusi variabel kualitas lulusan dan motivasi kerja dalam memengaruhi masa tunggu kerjadan relevansi kerja tergolong kecil, bahwa sebenarnya banyak faktor yang memengaruhi masa tunggu kerja dan relevansi kerja selain kualitas lulusan dan motivasi.

Saran penelitian ini yaitu: (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, sebaiknya mempunyai data lulusan setiap sekolah mengenai data persentase relevansi jurusan terhadap dunia kerja setelah lulus; (2) Kepala SMKN sebaiknya memberikan informasi lowongan pekerjaan bagi lulusan yang belum bekerja dan masih mencari pekerjaan; (3)Bagi lulusan yang belum bekerja, sebaiknya setelah lulus segera mencari informasi lowongan pekerjaan pada lembaga /instansi/ perusahaan; dan (4) Bagi lulusan yang bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan kompetensi lulusan, sebaiknya mencari pekerjaan sesuai dengan kompetensi lulusan yang dimilikinya.