SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Sekolah Untuk Meningkatkan Peluang Kerja SMK Negeri 4 Malang

may vina awanda sari

Abstrak


Upaya sekolah dalam meningkatkan peluang kerja lulusan memerlukan adanya strategi. Kepala sekolah memiliki peran yang besar dalam memutuskan strategi yang hendak diterapkan di sekolah. Strategi yang dilakukan oleh SMK Negeri 4 Kota Malang dalam membantu mengurangi pengangguran dan membuka peluang usaha yaitu dengan mengadakan hubungan masyarakat antara sekolah, mitra kerja, dan lulusan sekolah yang sudah sukses.

Fokus penelitian yaitu: (1) strategi sekolah untuk meningkatkan peluang kerja lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, (2) upaya sekolah menjalin kerjasama dengan lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, (3) faktor penghambat dan faktor pendukung yang dapat memengaruhi peluang kerja lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, dan (4) peran  manajemen dalam mendukung strategi sekolah untuk meningkatkan peluang kerja lulusan SMK Negeri 4 Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti merupakan satu-satunya pengumpul data, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik/metode. Peneliti juga melakukan analisis data melalui 3 tahap, yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) verifikasi data.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada masing-masing fokus dijelaskan sebagai berikut. (1) Strategi sekolah untuk meningkatkan peluang kerja lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, (a) sekolah bekerja sama dengan 262 dunia usaha dan dunia industry (DUDI) yang sesuai dengan jurusan yang ada di SMK Negeri 4 Kota Malang, (b) bekerjasama dengan bursa kerja khusus (BKK), (c) melakukan prakerin selama satu tahun di tempat DUDI maupun di sekolah, dan (d) melaksanakan pembelajaran dengan metode yang variatif serta sesuai dengan  RPP. (2) Upaya sekolah menjalin kerjasama dengan lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, (a) adanya grup Alufika dan buku lulusan; (b) mengundang lulusan pada acara ulang tahun sekolah; (c) penempatan siswa prakerin; dan (d) besarnya peluang kerja bagi jurusan. (3) Faktor penghambat dan faktor pendukung yang dapat memengaruhi peluang kerja lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, (a) banyaknya DUDI yang menjadi mitra kerja sekolah, (b) sarana dan prasarana sekolah yang memadai, dan (c) memiliki SDM yang berkompeten sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu (a) motivasi siswa yang kurang dalam mengikuti kegiatan peningkatan peluang kerja lulusan; dan (b) DUDI yang bekerjasama sengan SMK tidak setiap tahun merekrut lulusan. (4) Peran  manajemen dalam mendukung strategi sekolah untuk meningkatkan peluang kerja lulusan SMK Negeri 4 Kota Malang, peran waka humas (a) menyusun program kerja humas; (b) menginformasikan lowongan kerja dan melakukan penelusuran tamatan melalui BKK; (c) BKK menyusun rencana kerja, menyebarkan informasi lowongan kerja, menyalurkan pencari kerja, penelusuran tamatan, serta pembuatan laporan; (d) humas memiliki daftar DUDI yang bekerjasama dalam penyaluran siswa prakerin. Peran waka kurikulum; (a) guru memberikan motivasi kepada siswa selama pembelajaran; (b) guru mengarahkan siswa mengenai pekerjaan atau bidang usaha yang akan dipilih; (c) guru melengkapi data peserta didik yang akan berangkat prakerin; dan (d) guru menyusun modul online yang dapat diakses oleh peserta didik. Peran waka sumber daya manusia, (a) waka sdm memberikan pengarahan kepada guru; (b) guru mengajarkan materi dan memberikan motivasi, pengarahan, sekaligus bimbingan kepada siswa; dan (c) guru membentuk karakter siswa sehingga dikatakan siap memasuki dunia kerja.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak yang terkait, yaitu: (1) Kepala SMK Negeri 4 Kota Malang diharapkan kepala sekolah lebih mengembangkan manajemen Prakerin dengan mengikutsertakan seluruh komponen sekolah; (2) Guru SMK Negeri 4 Kota Malang dengan mengetahui strategi peluang kerja alumni, diharapkan guru lebih kreatif memberikan model pembelajaran sehingga siswa setelah menyelesaian Pakerin dapat mengikutinya. Memberikan pengarahan dan pembekalan materi kepada siswa sesuai dengan program keahlian sehingga siswa memiliki pengetahuan yang mendalam. Sebaiknya guru membantu siswa untuk mengingat kembali materi sebelum berangkat Prakerin. Diharapkan guru membuat modul berbasis CBT agar siswa tidak dapat mencontek siswa yang lainnya; (3) Waka humas disarankan melibatkan komite sekolah dalam setiap usaha meningkatkan peluang kerja lulusan serta memfungsikan secara optimal Loka Grafika kepada khalayak umum agar mengetahui hasil karya siswa SMK Negeri 4 Kota Malang; (4) Waka kurikulum disarankan mampu mengkondisikan serta memilih metode mengajar yang cocok bagi siswa pada saat Prakerin, serta tepat waktu dalam mengkompilasi dan menyalurkan modul sebelum siswa berangkat Prakerin; dan (5) Waka SDM disarankan mendampingi guru serta memberikan contoh kompentensi yang harus dilakukan guru.