SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Berbasis Software Macromedia Flash 8 Untuk Kelas XII Semester Genap Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 1 Pasuruan

Agung Dicky Pratama

Abstrak


E-modul adalah elektronik modul atau dikenal dengan e-book, merupakan tampilan informasi atau naskah dalam format buku yang direkam secara elektronik dengan menggunakan hard disk, disket, CD, flash disk dan dapat digunakan melalui komputer atau alat pembaca elektronik. E-modul ini bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas. Peneliti mengembangkan Media Pembelajaran E-modul Berbasis Software Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas XII Semester Genap Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan sebagai alternatif untuk pengganti modul dan LKS yang belum tersedia.Tujuan Penelitian dan Pengembangan ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan E-modulberbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran Humas dan Keprotokolan di kelas XII pada SMK Negeri 1 Pasuruan, (2) Untuk menganalisis kelayakan E-modul berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran Humas dan Keprotokolan di kelas XII pada SMK Negeri 1 Pasuruan.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah penelitian, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk media 1, uji coba validasi produk, revisi produk media 2, uji kelompok kecil, revisi produk media 3, uji kelompok besar. Validasi E-modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan teknologi pendidikan pada Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai ahli media, 1 orang guru mata pelajaran Humas dan Keprotokolan SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai ahli materi, enam siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran sebagai validator uji coba kelompok kecil, dan 36 siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran sebagai uji coba kelompok besar.

Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa media E-modul Humas dan Keprotokolan untuk siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan media. Kompetensi dasar yang dikembangkan dalam E-modul ini adalah perjalanan dinas pimpinan dan laporan perjalanan dinas pimpinan. Hasil pengembangan produk media E-modul dinyatakan valid oleh ahli media, ahli materi, siswa sehingga layak digunakan. Hasil analisis validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukan persentase sebesar 96,0% dan 88,0% yang berarti sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari uji coba siswa kelompok kecil dan kelompok besar menunjukan persentase sebesar 95,0% dan 91,0% yang berarti sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Dari hasil penilaian dari ahli media, materi, serta siswamenunjukan bahwa E-modul Humas dan Keprotokolan mendapatkan penilaian valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan media E-modul Humas dan Keprotokolan ini diharapkan dapat dijadikan media pegangan guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas.