SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kepemimpinan Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Umum Kabupaten Tuban)

Deddy Ridwan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ridwan, Deddy F. A. F. 2009. Kepemimpinan Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan (Studi Kasus di Perpustakaan Umum Kabupaten Tuban). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si

 

Kata kunci: kepemimpinan kepala kantor perpustakaan, kearsipan dan dokumentasi,  peningkatan mutu layanan perpustakaan

 

Pada jaman ini yaitu era globalisasi memungkinkan banyaknya akses untuk mencari informasi dari segala penjuru dunia salah satunya adalah melalui perpustakaan yang sudah banyak didirikan. Dengan adanya perpustakaan pemustaka juga dapat mencari, mengolah ataupun menyimpan data. Dalam dunia pendidikan khususnya, perpustakaan dijadikan sebagai sarana informasi yang diperlukan sebagai sumber belajar maupun laboratorium belajar yang memungkinkan para tenaga pendidik dan peserta didik meningkatkan kualitasnya.

Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi.

Peran seorang pimpinan perpustakaan dalam melakukan serangkaian inovasi dan improvisasi program atau kegiatan perpustakaan sangatlah perlu dalam rangka meningkatkan daya minat dan gairah masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Reforrmasi program dan layanan harus berkesinambungan ditunjang dengan pelatihan dan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam struktural organisasi maupun kinerja pegawai perpustakaan.

Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi (KPKD) dalam pengelolaan lembaga tidak sekedar dilandasi kemampuan mengatur dan menjalankan mekanisme kepemimpinan saja, tetapi juga harus mampu memimpin dan mengembangkan organisasi tersebut. Berdasarkan uraian konteks penelitian yang telah dikemukakan di atas, maka fokus penelitian ini adalah: (1) karakteristik kepemimpinan Kepala KPKD dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan. (2) deskripsi tipe kepemimpinan yang diterapkan Kepala KPKD dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan. (3) fungsi-fungsi kepemimpinan yang diterapkan Kepala KPKD dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan. (4) kegiatan-kegiatan Kepala KPKD dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan.

Penelitian ini dilakukan di KPKD Kabupaten Tuban dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam; (2) observasi; dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi, ditafsirkan, dan dianalisa secara berulang-ulang guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Kredibilitasi sumber dengan menggunakan teknik trianggulasi data dan trianggulasi sumber data.

Temuan penelitian ini yaitu karakteristik kepemimpinan Kepala KPKD dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan, yakni memiliki karakteristik kepemimpinan yang karismatik dan terbuka. Tipe kepemimpinan demokratis yang dimilikinya, semakin membuat perpustakaan umum terus berkembang dan maju karena semua pegawai baik atasan dan bawahan yang terdapat di lembaga ikut terlibat langsung dan memiliki tanggung jawab bersama untuk melayani masyarakat. Pada fungsi kepemimpinan, Kepala KPKD mempunyai fungsi instruksi, fungsi konsultasi, fungsi partisipasi, fungsi delegasi dan fungsi pengendalian. Pemimpin juga berusaha membantu terciptanya suasana persaudaraan, kerjasama dengan penuh rasa kebebasan. Di samping itu juga membantu kelompok untuk mengorganisir diri, bertanggung jawab dalam mengambil keputusan bersama dengan kelompok dan bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensi organisasi. Kegiatan-kegiatan Kepala KPKD dalam meningkatkan mutu layanan adalah sebagai berikut: (1) Kepala KPKD mengembangkan idenya bersama dengan pegawainya, Pemerintah Daerah, Instansi Pendidikan, dan masyarakat, secara partner untuk mengadakan kegiatan secara bersama; (2) mengelola sumberdaya pegawai dalam meningkatkan peranan terhadap peningkatan Perpustakaan; (3) bekerjasama dengan United States Agency International Development (USAID)  melalui program Decentralized Basic Education/DBE1 (Pendidikan Dasar Terdesentralisasi) meresmikan Kafe Internet yang bekerjasama dengan dua perusahaan lokal, PT. Tridata Cakrawala dan CV Samodra dalam mengembangkan Kafe Internet dan piranti lunak Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS). Program ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat menggunakan perpustakaan dan internet sebagai sumber informasi dan pembelajaraan; (4) meningkatkan optimalisasi peran masyarakat dan sekolah dalam memahami pentingnya membaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menghadapi perkembangan jaman.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada Kepala KPKD Kabupaten Tuban untuk menjalankan kepemimpinan secara lebih profesional terutama kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan mutu layanan perpustakaan serta terus meningkatkan dan membina kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi lainnya sehingga mutu layanan perpustakaan dapat terus ditingkatkan.

 


Teks Penuh: DOC PDF