SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orangtua Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kota Malang

Ruri Puspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ruri Puspita. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orangtua Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M.Pd, (II) Dr. Bambang Setyadin, M.Pd.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan peserta didik, dan kepuasan orangtua peserta didik

 

Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Sekolah dituntut untuk menyediakan pelayanan yang berkualitas untuk memberikan kepuasan kepada konsumennya. Namun, penyediaan pelayanan yang berkualitas tidaklah mudah. Hal ini tercermin pada pemberitaan yang disampaikan melalui media massa mengenai lemahnya pelayanan yang diberikan sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se-Kota Malang akan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas apabila sekolah mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas dan sarana-prasarana yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati), mendeskripsikan kepuasan peserta didik, mendeskripsikan kepuasan orangtua peserta didik, mengetahui pengaruh kualitas pelayanan sekolah  terhadap kepuasan peserta didik, mengetahui pengaruh kualitas pelayanan sekolah terhadap kepuasan orangtua peserta didik, dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan sekolah terhadap kepuasan peserta didik dan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan populasi peserta didik dan orangtua peserta didik SMK Negeri se-Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 391 peserta didik dan 391 orangtua peserta didik. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa bukti fisik yang ada di SMKN se-Kota Malang dalam kategori sangat bagus, keandalan SMKN se-Kota Malang dalam kategori bagus, daya tanggap SMKN se-Kota Malang dalam kategori bagus, jaminan SMKN se-Kota Malang dalam kategori bagus, empati SMKN se-Kota Malang dalam kategori bagus, tingkat kepuasan peserta didik berada dalam kategori sedang, tingkat kepuasan orangtua peserta didik dalam kategori sedang, secara simultan ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah terhadap kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara simultan ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah terhadap kepuasan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara simultan ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah terhadap kepuasan peserta didik dan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel bukti fisik terhadap kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel keandalan terhadap kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial tidak ada pengaruh kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel daya tanggap terhadap kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel jaminan terhadap kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel empati terhadap kepuasan peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel bukti fisik terhadap kepuasan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel keandalan terhadap kepuasan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial tidak ada pengaruh kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel daya tanggap terhadap kepuasan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel jaminan terhadap kepuasan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang, dan secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan sekolah yaitu sub-variabel empati terhadap kepuasan orangtua peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah: (1) bagi kepala sekolah hendaknya tidak hanya berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah melalui pemenuhan sarana-prasarana saja, melainkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di sekolah yaitu guru dan tenaga administrasi dalam melayani peserta didik maupun orangtua peserta didik, (2) bagi guru dalam proses belajar-mengajar diharapkan tidak hanya bisa menyampaikan materi pelajaran saja, melainkan bisa memahami kebutuhan peserta didik dan mau membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami peserta didik terkait dengan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, (3) bagi tenaga administrasi sekolah hendaknya lebih tanggap dalam melayani kebutuhan peserta didik maupun orangtua peserta didik terkait dengan proses administrasi yang dilakukan di sekolah, dan (4) bagi peneliti lain hendaknya penelitian ini lebih dikembangkan lagi melalui penelitian lebih lanjut dengan menggunakan objek dan variabel yang lain guna memperkaya ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.