SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Animo Lulusan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Rasio Enrollment Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Se-Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang

Mega Novita

Abstrak


ABSTRAK

 

Novita, Mega. 2012. Pemetaan Animo Lulusan Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Rasio Enrollment Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Se-Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, MPd, (II) Prof. Dr. H. Ali Imron, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci : pemetaan, animo siswa, enrollment SLTP

 

Pemetaan adalah kegiatan menggambarkan lintas lulusan SD/MI dalam memilih alternatif pilihan sekolah lanjutan. Animo merupakan hasrat untuk melanjutkan sekolah yang berarti di dalam diri siswa mempunyai motivasi untuk melanjutkan sekolah. Dalam menentukan pilihan sekolah lanjutan maka akan diberikan alternatif sekolah lanjutan yang menjadi pilihan calon lulusan SD/MI se-Kecamatan Pagelaran. Enrollment SLTP merupakan pendeskripsian proporsi jumlah penerimaan siswa barudi SLTP dari jumlah anak lulusan SD/MI sebenarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran animo siswa dalam memilih sekolah lanjutan di Kecamatan Pagelaran dan mengetahui rasio enrollment SLTP di Kecamatan Pagelaran.

Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis deskriptif dan analisis geometrik sederhana. Variabel dalam penelitian ini adalah pemetaan animo enrollment SLTP. Populasi penelitian ini berjumlah 1.077 responden diambil dari jumlah siswa kelas VI dan 20 responden dari jumlah SLTP se-Kecamatan Pagelaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, sehingga sampel dari penelitian ini 292 responden yang diambil dari siswa SD/MI kelas VI dan seluruh SLTP yang berjumlah 20 SLTP dengan sasaran kepala sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, jenis angket yang digunakan adalah angket terbuka. Uji coba angket dilakukan hanya untuk mencari reliabilitas instrumen yaitu konsistensi jawaban responden, sehingga pengujian angket dalam penelitian ini menggunakan test-retest. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari jawaban responden yaitu pernyataan dalam angket dan dokumentasi data. Analisi data diolah dengan menggunakan SPSS 12 for window.

Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan lintas lulusan SD/MI dalam menentukan alternatif sekolah lanjutan. Gambaran lintas lulusan SD/MI dapat menjawab tingkat animo siswa lulusan SD/MI dalam partisipasi memilih SLTP. Setiap lulusan SD/MI cenderung mempunyai tingkat animo yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke SLTP, hal ini terbukti dari motivasi dan partisipasi siswa dalam memilih alternatif pilihan sekolah lanjutan. Secara berurutan tingkat animo siswa lulusan SD/MI di Kecamatan Pagelaran dapat ditunjukkan dengan sekolah yang cenderung diminati dan banyaknya responden yang memilih SLTP tersebut: (1) SMP Negeri 1 Pagelaran (45,2%), (2) MTs Miftahul Ulum Kanigoro (24,7%), (3) MTs Babussalam (21,6%), (4) SMP Sunan Ampel (19,5%), (5) MTs Mambaul Ulum Banjarejo (16,8%), (6) MTs Nadatul Ulama (15,8%), (7) MTs Al Azar (13,4%), (8) SMP Darma Wanita 03 (13%), (9) SMP Karya (12,7%), (10) MTs Azharul Ulum 02 (12%), (11) SMP Ahmad Yani (11,3%), (12) MTs Mambaul Ulum Pagelaran (11%), (13) SMP Darma Wanita 10  (10,3%), (14)  MTs Miftahul Ulum Sidorejo (10,3%), (15) MTs Bustanul Ulum (8,9%), (16) MTs Al Khoirot (8,2 %), (17) MTs Hasanudin (8,2%), (18) MTs NU Hidayatul Mubtadiin (5,8%), (19) SMP Babussalam (5,5%), dan (20) SMP Al Azar (5,1%). Alasan siswa SD/MI dalam memilih sekolah lanjutan secara berurutan dimulai dari sekolah lanjutan yang paling banyak diminati oleh calon lulusan SD/MI: (1) dorongan dalam diri siswa (48,6%), (2) siswa yakin bahwa prestasinya bagus (36%), (3) sekolah mempunyai fasilitas yang lengkap (27%), (4) biaya sekolah terjangkau (24%), (5) sekolah berada dekat rumah (22,6%), (6) sekolah mudah dijangkau (17,5%), (7) sekolah favorit (17,1%), (8) kualitas yang dimiliki sekolah bagus (13,4%), (9) dukungan dari masyarakat (12%), (10) letak strategis (8,9%). Daya tampung yang disediakan oleh SLTP di Kecamatan Pagelaran tahun 2012 sebesar 1.838 siswa dan calon siswa yang akan lulus SD/MI pada tahun 2012 dari seluruh SD/MI di Kecamatan Pagelaran sebanyak 1.077, sehingga dapat diketahui bahwa SLTP di Kecamatan Pagelaran mampu menampung seluruh calon lulusan SD/MI di Kecamatan Pagelaran. Rasio enrollment SLTP di Kecamatan Pagelaran menunjukkan hasil 1,36. Hasil perhitungan 1,36 ini mengandung makna bahwa ketersediaan bangku sekolah lebih banyak dari pada anak usia 12 tahun – 13 tahun sehingga  SLTP yang ada di Kecamatan Pagelaran mampu menampung calon lulusan SD/MI yang berada di Kecamatan  Pagelaran yang usianya rata-rata 12 tahun – 13 tahun.

Berdasarkan hasil penelitian maka Kepala SLTP diharapkan mampu meningkatkan kulitas sekolah agar dapat menjaring siswa-siwa baru dan Kepala SLTP yang kekurangan siswa dapat belajar ke Kepala SLTP lainnya yang sekolahnya banyak diminati siswa; Kepala dinas pendidikan diharapkan memprediksi kebutuhan masyarakat akan pendidikan dan memetakan letak sekolah agar mempermudahkan dalam mengadakan pengawasan serta melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk mewujudkan tujuan negara, yaitu wajib belajar sembilan tahun dan mampu melakukan perencanaan pendidikan dengan baik. Selain itu Kepala dinas pendidikan dapat membantu Kepala sekolah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh sekolah salah satunya kepada kepala sekolah yang sekolahnya kurang diminati oleh konsumen (siswa); Kepala UPTD dinas pendidikan diharapkan melakukan pengawasan lebih intensif mengenai arus input-output siswa dari satu lembaga persekolahan SD/MI agar lebih mudah dalam melakukan pengawasan; Ketua jurusan dapat menjadikan penelitian ini sebagai rancangan perkuliahan perencanaan pendidikan dan sebagai bahan kajian dalam mengembangkan pemetaan animo siswa berdasarkan lintas input-output siswa dari satu lembaga persekolahan sehingga dapat digunakan sebagai tambahan ilmu di bidang Administrasi Pendidikan, serta memberi masukan kurikulum (program yang lebih relevan khususnya perencanaan pendidikan); orangtua perlu memiliki pertimbangan dalam membantu anaknya menentukan sekolah lanjutan yang akan dituju oleh putra-putri mereka; bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan pemetaan kegiatan siswa SD/MI dalam memilih sekolah lanjutan dan menghitung enrollment SLTP secara keseluruhan yaitu kelas I, kelas II, dan kelasIII bahkan dengan sekala lebih besar.