SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan peran orangtua, manajemen waktu belajar, keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

Dwi Fajar Kusumastuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumastuti, Dwi Fajar. 2012. HubunganPeranOrangtua, ManajemenWaktuBelajar, Keikutsertaan Bimbingan Belajar dengan Prestasi Akademik Siswa Berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo.Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si (II) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M.Pd.

 

Kata kunci: peran orangtua, manajemen waktu belajar, keikutsertaan bimbingan belajar, prestasi akademik siswa berprestasi.

 

Siswa merupakan subjek yang terlibat dalam kegiatan belajar di sekolah dan merupakan tolok ukur keberhasilan tujuan pendidikan nasional. Keterlibatan siswa sebagai tolok ukur dalam keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan nasional tidak dapat dipungkiri dari bagaimana siswa tersebut belajar. Proses belajar yang dilakukan siswa tidak terlepas dari peran orang tua dan manajemen waktu belajar serta bimbingan belajar yang diikutinya. Hal tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi seorang siswa berprestasi. Tingginya peran orangtua, manajemen waktu belajar, dan keikutsertaan bimbingan belajar berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa berprestasi.

Hipotesis mayor dalam penelitian ini adalah ada hubungan peran orangtua, manajemen waktu belajar, keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi. Sedangkan hipotesis minor dalam penelitian ini adalah (1) ada hubungan antara peran orangtua dan prestasi akademik siswa berprestasi; (2) ada hubungan antara manajemen waktu belajar dan prestasi akademik siswa berprestasi; (3) ada hubungan antara keikutsertaan bimbingan belajar dan prestasi akademik siswa berprestasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peran orangtua; (2) manajemen waktu belajar; (3) keikutsertaan bimbingan belajar; (4) prestasi akademik siswa berprestasi; (5) hubungan antara peran orangtua dan prestasi akademik siswa berprestasi; (6) hubungan antara manajemen waktu belajar dan prestasi akademik siswa berprestasi; (7) hubungan antara keikutsertaan bimbingan belajar dan prestasi akademik siswa berprestasi; (8) hubungan peran orangtua dan manajemen waktu dengan prestasi akademik siswa berprestasi; (9) hubungan manajemen waktu belajar dan keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi; (10) hubungan peran orang tua dan keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo dengan populasi berjumlah 6845 orang dan yang menjadi sampelnya berjumlah 184 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalahStratified Sampling dan purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orangtua sebanyak 46 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 25,00 %; 114 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 61,96 %; 24 orang dalam kualifikasi cukup dengan persentase 13,04 %;dan tidak seorangpun termasuk dalam kualifikasi rendah; (2) manajemen waktu belajar sebanyak 53 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 28,80%; 115 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 62,50 %; 16 orang termasuk dalam kualifikasi cukup denganp ersentase 8,70 %;dan tidak seorangpun termasuk dalam kualifikasi rendah; (3) keikutsertaan bimbingan belajar sebanyak 75 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 40,76 %; 70 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 38,04 %; 33 orang dalam kualifikasi cukup dengan persentase 17,93 %; dan 6 orang termasuk dalam kualifikasi rendah dengan persentase 3,26%; (4) prestasi akademik siswa berprestasi sebanyak 25 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 13,59 %; 159 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 86,41 %; dan tidak seorangpun termasuk dalam kualifikaski cukup dan kualifikasi rendah; (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara peran orangtua dan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo; (6) terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar dan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-kecamatan Sidoarjo; (7) terdapat hubungan yang signifikan antara keikutsertaan bimbingan belajar dan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo; (8) terdapat hubungan yang signifikan peran orangtua dan manajemen waktu dengan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo; (8) terdapat hubungan yang signifikan manajemen waktu belajar dan keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-kecamatan Sidoarjo; (10) terdapat hubungan yang signifikan peran orang tua dan keikutsertaan bimbingan belajar dengan prestasi akademik siswa berprestasi di SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo.

Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) bagi kepala SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo perlu mengadakan bimbingan belajar di sekolah pada semua tingkat kelas baik kelas I, II, III agar siswa menjadi berprestasi dan siswa yang berprestasi dapat meningkatkan prestasi akademiknya; (2) bagi Guru SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo seyogyanya memberikan bimbingan belajar kepada siswa berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan belajarnya guna menunjang prestasi akademik siswa; (3) bagi orangtua Siswa SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo diharapkan mengawasi dan membimbing kegiatan belajar anak di rumah untuk mengetahui segala kekurangan dan kesulitan anak dalam belajarnya. Selain itu menyediakan sarana belajar dengan cara memenuhi kebutuhan belajar agar kegiatan belajar siswa lebih optimal. Orangtua juga diharapkan memberikan pertolongan terhadap kesulitan belajar yang berupa nasihat tentang mana yang baik untuk dilakukan dan arahan tentang alternatif pemecahan apa yang harus diambil; (4) bagi siswa SMP/MTs se-Kecamatan Sidoarjo hendaknya mengelola waktu belajar yang telah ditetapkan dengan baik dan mempertahankan prestasi belajar yang telah dicapai serta dapat meningkatkannya; (5) bagi peneliti lain yang ingin hal yang sama, diharapkan bisa menggunakan metode dan variabel yang lain serta sasaran penelitian pada jenjang Sekolah Dasar (SD) agar generasi berprestasi mampu dikembangkan lebih dini.