SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Inklusi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang

PUTRI DEVIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Devianti, Putri. Pengaruh Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Inklusi Terhadap Prestasi  Belajar  Siswa  di  SMP  Kecamatan  Lowokwaru Malang. Skripsi, jurusan  Administrasi  Pendidikan  Fakultas  Ilmu  Pendidikan  Universitas Negeri Malang. Pembimbing  (1) Prof. Dr. H. M. Huda. A. Y, M. Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin, M. Pd.

 

Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Inklusi, Prestasi Belajar

 

Pendidikan adalah hak bagi seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi warganya, baik yang termasuk dalam kategori normal ataupun abnormal (berkebutuhan khusus). Hal tersebut merupakan dasar bagi penyelenggaraan pembelajaran inklusi.

Kondisi sekolah secara tidak langsung akan berpengaruh pada komponen sistem pembelajaran pada masing-masing sekolah. Hal ini yang membuat persepsi setiap guru terhadap siswa pada masing-masing tempat berbeda. Pembelajaran inklusi yang dapat memberikan manfaat bagi terciptanya hasil belajar siswa yang baik dikarenakan persepsi baik oleh guru begitu pula sebaliknya. Setiap guru mempunyai berbagai macam persepsi yang berbeda-beda kepada siswanya dan pada pembelajaran inklusi, yang akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa.

Beberapa SMP inklusi yang ada di Kecamatan Lowokwaru adalah, SMP Bhakti, SMP Laboratorium (Lab) UM, SMP Sriwedari, SMPN Satu Atap (Satap), dan SMP Negeri 18 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan persepsi guru di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang, (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang, (3) Mendeskripsikan pengaruh persepsi guru tentang pembelajaran inklusi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang, (4) Mendeskripsikan perbedaan pengaruh persepsi guru SMP Negeri dan SMP Swasta tentang pembelajaran inklusi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi dan deskriptif-komparatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa inklusi di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.

Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Dari 86 responden menunjukkan bahwa responden sebanyak  14 orang dengan persentase sebesar 16,28% dalam kategori persepsi tinggi terhadap prestasi belajar siswa, 61 orang dengan persentase sebesar 70,93% dalam kategori persepsi cukup terhadap prestasi belajar siswa, 11 orang dengan persentase sebesar 12,79%  dalam kategori persepsi rendah terhadap prestasi belajar siswa, (2) Dari 33 responden menunjukkan bahwa responden sebanyak 1 orang dengan persentase sebesar 3,03% dalam kategori prestasi tinggi, 27 orang dengan persentase sebesar 81,82% dalam kategori prestasi cukup, 5 orang dengan persentase sebesar 15,15 % dalam kategori prestasi rendah, (3) Berdasarkan hasil penghitungan didapatkan nilai Thitung sebesar 13,69. Dengan hasil tersebut maka dapat diambil keputusan untuk menolak H0 karena nilai Thitung > Ttabel. Dengan demikian, kesimpulan yang didapatkan adalah terdapat pengaruh persepsi guru tentang pembelajaran inklusi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Kecamatan Lowokwaru Malang, (4) Berdasarkan hasil penghitungan analisis varian satu jalur didapatkan nilai Fhitung sebesar 0,329 dengan signifikasi 0,568. Dengan hasil tersebut dapat diambil keputusan untuk menerima H0 karena nilai Fhitung (0,329)