SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah di SD Negeri Kampungdalem Kabupaten Tulungagung

Betty Hari Saputri

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Saputri, Betty Hari. 2009. Pengelolaan dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah di SD Negeri Kampungdalem Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Maisyaroh, M.Pd ; (II) Dra. Mustiningsih, M.Pd

 

 

Kata kunci : pengelolaan, pemanfaatan perpustakaan.

 

 

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, karena dengan pendidikan diharapkan masyarakat Indonesia dapat mengembangkan segala aspek kepribadian yang dimiliki, baik aspek afektif, kognitif, maupun psikomotoriknya.  Untuk mengembangkan aspek-aspek tersebut sekolah merupakan lembaga pendidikan yang tepat.  Pelaksanaan pendidikan di sekolah harus ditunjang oleh beberapa faktor, yaitu proses belajar-mengajar, tenaga berpendidikan, kurikulum, dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya.  Salah satu fasilitas penunjang tersebut adalah perpustakaan sekolah.  Perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik dan menjadi pusat pelayanan yang terdiri dari berbagai jenis bahan pustaka yang dipilih dengan seksama untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kemampuan kebutuhan kelas, mampu melayani guru dalam memberikan pelajaran yang menarik dan praktis guna melayani para pelajar yang haus akan pengetahuan dapat menunjang proses belajar secara dinamis.  Adapun masalah yang dihadapi dalam penelitian ini mengenai pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan sekolah khususnya Sekolah Dasar Negeri Kampungdalem Kabupeten Tulungagung adalah: a) Bagaimanakah kondisi pengelolaan perpustakaan di SD Negeri Kampungdalem Kabupaten Tulungagung, b) Bagaimanakah tingkat pemanfaatan perpustakaan oleh siswa di SDN Kampungdalem Kabupaten Tulungagung, c) Bagaimanakah tingkat pemanfaatan perpustakaan oleh guru di SDN Kampungdalem Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.  Populasi dalam penelitian berjumlah 467 yang meliputi pengelola perpustakaan sebanyak 7 orang, siswa Kelas 5 sebanyak 367 orang, dan guru sebanyak 93 orang.  Jumlah populasi tersebut tidak diambil semua, banyaknya sampel yang diambil terdiri dari pengelola perpustakaan berjumlah 7 orang, siswa Kelas 5 berjumlah 111 orang dan guru berjumlah 27 orang, yang diambil 30% dari populasi dengan teknik Proportional Random Sampling.  Sehingga seluruhnya berjumlah 145 responden dari 7 sekolah dasar Negeri Kampungdalem Kabupaten Tulungagung.  Untuk mendapatkan sampel dengan cara mengundi terlebih dahulu dari semua nama responden yang kemudian diambil sesuai dengan jumlah sampel yang akan dijadikan penelitian.  Data diambil di sekolah dengan memakai instrumen angket.  Kemudian dianalisis dengan teknik persentase.

 Adapun dari analisis data yang diperoleh dari pengelolaan perpustakaan di SD Negeri Kampungdalem Kabupaten Tulungagung diperoleh 64,56% yang termasuk ke dalam kategori cukup memadai.  Hal ini dapat dilihat dari data statistik yang ada dan sarana prasarana yang dimiliki oleh masing-masing perpustakaan selain itu bahan pustaka yang dimiliki sudah cukup memenuhi kebutuhan siswa.  Sistem peminjaman yang diterapkan oleh perpustakaan dapat memberikan pengalaman bagi siswa terutama dalam hal penelusuran informasi dan juga dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran; data yang diperoleh dari tingkat pemanfaatan perpustakaan oleh siswa sebesar 59,4%  yang termasuk ke dalam kategori sedang.  Hal ini dapat dilihat dari frekuensi pemanfaatan perpustakaan oleh siswa yang cukup tinggi dan jenis kegiatan yang dilakukan oleh siswa juga bervariasi, selain itu bahan pustaka yang dimanfaatkan juga bervariasi, baik yang menunjang mata pelajaran maupun yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.  Sedangkan data yang diperoleh dari tingkat pemanfaatan perpustakaan oleh guru sebesar 56,9% yang termasuk dalam kategori sedang.  Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran, guru sering memanfaatkan perpustakaan melalui bahan pustaka sebagai sumber pembelajaran.  Selain itu guru dalam mengisi waktu luang lebih memanfaatkan perpustakaan untuk mencari dan mendapatkan informasi yang diperlukan baik yang berhubungan dengan pengajaran maupun yang bersifat pengetahuan.  Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dapat dikatakan dan dikategorikan cukup memadai serta pemanfaatan perpustakaan di SD Negeri Kampungdalem Kabupaten Tulungagung bisa dikategorikan cukup atau sedang.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan bahwa bagi Kepala Sekolah mampu menyediakan anggaran khusus untuk mengembangkan perpustakaan sehingga perpustakaan bisa menjadi sumber belajar bagi guru dan siswa.  Pengelola hendaknya lebih cermat dalam memberikan sanksi kepada peminjam apabila buku yang dipinjamnya hilang.  Siswa hendaknya mampu dan mau menciptakan cara belajar aktif dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah secara maksimal. Guru hendaknya dapat lebih berperan sebagai motivator siswa dengan cara memanfaatkan perpustakaan secara maksimal dalam kegiatan pengajaran.  Peneliti lain yang tertarik dengan permasalahan ini perlu mengambil populasi yang lebih luas lagi, sehingga nantinya dapat memperoleh hasil yang maksimal.