SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANAN MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR: STUDI KASUS DI SD ISLAM SABILIL HUDA SUMORAME CANDI SIDOARJO

Ayu Rizki Amalya

Abstrak



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar melalui manajemen humas yang meliputi: (1) Program-program kepala sekolah dan Wakasek Humas dalam pelaksanaan manajemen humas di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo; (2) Pemanfaatan sumber belajar dalam KBM di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo; (3) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo; (4) Peranan manajemen humas dalam pemanfaatan sumber belajar di SDI Sabilil Huda Sumorame Candi Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian meliputi kepala sekolah, Wakasek Humas dan Kurikulum, petugas perpustakaan, Kabag TU, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang meliputi tiga langkah, yaitu reduksi data, display/penyajian data, dan verifikasi data/penarikkan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan tiga cara, yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kerja tahunan kepala sekolah dalam bidang manajemen humas terdiri dari kegiatan-kegiatan operasional: pertemuan dengan komite sekolah, rapat pengurus, rapat pleno, dan konsultasi dengan instansi. Sedangkan Wakasek Humas adalah pihak yang dipercaya untuk melaksanakan program-program tersebut; (2) Pemanfaatan sumber belajar di sekolah berupa pemanfaatan lingkungan untuk kepentingan KBM; (3) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi penyelenggaraan studi pariwisata dan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah; dan (4) Pemanfaatan sumber belajar di sekolah semuanya dapat dikelola melalui manajemen humas. Kegiatannya meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Berdasarkan kesimpulan penelitian, disarankan kepada: kepala sekolah sebagai pembuat kebijakan, Wakasek Humas sebagai pelaksana operasional humas di sekolah, guru untuk lebih menggali ide dan kreativitas dalam menggunakan sumber belajar, orangtua dapat berpartisipasi secara langsung dalam KBM, dan peneliti lain untuk melakukan penelitian sejenis dengan objek yang sama tetapi dengan pendekatan dan subjek yang berbeda.

Kata kunci: manajemen hubungan masyarakat, sumber belajar.