SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MANAJEMEN KEGIATAN HUMAS DALAM PRAKERIN SMK NEGERI 1 MALANG

DEWI APRILIYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Apriliyanti, Dewi. 2011. Manajemen Kegiatan Hubungan Masyarakat Dalam Prakerin di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo, M.Pd, Pembimbing (II): Dra. Mustiningsih, M.Pd.

 

Kata Kunci: manajemen humas, prakerin (praktik kerja industri)

 

Manajemen personalia dalam sebuah lembaga pendidikan mutlak diperlukan untuk menunjang setiap kegiatan sekolah. Kegiatan-kegiatan dalam manajemen personalia dalam hal ini mengenai kegiatan humas, di mana humas sebagai salah satu unsur pendukung dalam mempublikasi kepada masyarakat. Kegiatan humas dalam mempublikasikan kegiatannya kepada masyarkat salah satunya adalah dengan kegiatan prakerin .

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan kegiatan humas dalam prakerin di SMK Negeri 1 Malang, (2) pengorganisasian kegiatan humas dalam prakerin di SMK Negeri 1 Malang, (3) pelaksanaan kegiatan humas dalam prakerin di SMK Negeri 1 Malang, (4) dampak pengelolaan kegiatan humas dalam prakerin di SMK Negeri 1 Malang, serta (5) pelaporan kegiatan humas dalam prakerin di SMK Negeri 1 Malang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, anggota pokja PSG,  guru, dan peserta didik . Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan dianalisis selama pengumpulan data, kemudian diklasifikasikan, disaring dan ditarik sebuah kesimpulan. Keabsahan data yang telah dianalisis menggunakan kecukupan referensial serta triangulasi dengan sumber.

Hasil penelitian perencanaan kegiatan humas yaitu (1) perencanaan kegiatan humas meliputi siapa saja yang terlibat dalam kegiatan humas yaitu pihak internal dan pihak eksternal, (2) menyiapkan administrasi, penentuan jumlah peserta setiap DU/DI,  pencarian tempat PSG,  jadwal pembekalan prakerin, jadwal pelaksanaan prakerin, jadwal penyerahan siswa, jadwal monitoring, jadwal penjemputan siswa PSG serta jadwal evaluasi pelaksanaan kegiatan prakerin, serta (3) merencanakan pembiayaan kegiatan humas dalam prakerin. Pengorganisasian kegiatan humas yaitu (1) Waka Humas; mengkoordinir pelaksanaan prakerin, membuat rincian kebutuhan prakerin, mengawasi pelaksanaan prakerin, menyiapkan dokumen, membuat laporan; (2) Sekretaris Humas; menyiapkan administrasi, menyiapkan jadwal prakerin, membagia pengelompokan siswa prakerin, menyiapkan dokumen, menyiapkan tanda peserta siswa prakerin; (3) Anggota Sekretariat;  membagi menempatkan siswa prakerin sesuai program keahliannya, menempatkan siswa yang disetujui oleh pihak DU/DI, mengawasi dalam pelaksanaan prakerin. Pelaksanaan kegiatan humas yaitu (1) memberitahukan pelaksanaan prakerin melalui surat pemberitahuan pelaksanaan kegiatan prakerin dan membuat presensi bagi siswa dalam pelaksanaan prakerin di tempat magangnya; (2) memperkenalkan kegiatan yang akan dan sedang diselenggarakan lembaga pendidikan kepada pihak DU/DI; (3) mencari dukungan masyarakat akan program-program SMK Negeri 1 Malang terutama kegiatan prakerin. Dampak pengelolaan kegiatan humas; (1) kerjasama yang diterima SMK Negeri 1 Malang dengan pihak DU/DI semakin harmonis; (2) jalinan relasi SMK Negeri 1 Malang semakin luas; serta (3) kualitas input yang dimiliki SMK Negeri 1 Malang bagus dan berkualitas. Serta pelaporan kegiatan humas dalam prakerin (1) laporan tertulis berupa laporan kegiatan humas; serta (2) laporan kegiatan secara lisan.

Adapun saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) Kepala SMK Negeri 1 Malang diharapkan lebih meningkatkan lagi dalam membina personel-personel SMK Negeri 1 Malang terutama personel humas, (2) Humas SMK Negeri 1 Malang diharapkan dapat terus membina dan mengelola program-program kerja humas dengan lebih baik lagi dari tahun ke tahun, (3) Peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian yang sejenis di berbagai aspek humas pada sekolah-sekolah serta penelitian pengembangan untuk mengetahui pengembangan kegiatan humas di masa yang akan datang dengan memperdalam topik dan kajian teori  humas, (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih memperbanyak pengembangan ilmu dan mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya humas di sekolah terutama sekolah kejuruhan.