SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis deskripsi kerja dan spesifikasi jabatan kepala perpustakaan sekolah menengah pertama se-kota Malang

Mukhammad Esmed Husairi

Abstrak


Perpustakaan sekolah sangat berperan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, karena fungsi utama perpustakaan sekolah adalah sebagai penunjang kegiatan pendidikan danĀ  pengajaran sekolah melalui upaya penyediaan, pengorganisasian dan pendayagunaan informasi pustaka bagi warga sekolah. Namun, apabila tidak dikelola dengan baik, maka bagaimanapun lengkapnya bahan pustaka dan sarana prasarana perpustakaan sekolah tidak akan bisa menunjang penyelenggaraan pendidikan sekolah secara maksimal. Untuk itu, kepala perpustakaan sekolah sangat berperan penting dalam pengelolaan perpustakaan dan bertugas untuk a) Melaksanakan pengadaan, b) Mengolah bahan pustaka, dan c) memberdayakan bahan informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kerja Kepala Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama di Kota Malang secara rinci dan dimensi tugas paling dominan yang dikerjakan Kepala Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama di Kota Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuisioner/angket. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor eksploratori dan analisis deksiptif.
Hasil penelitian telah ditemukan 7 (tujuh) konsep mengenai deskripsi kerja kepala perpustakaan yang dikelompokkan menjadi tujuh faktor/variabel meliputi: 1) faktor mengelola layanan perpustakaan, 2) faktor mengelola sarana dan tata ruang perpustakaan, 3) faktor mengelola administrasi personalia perpustakaan, 4) faktor mengelola pengorganisasian koleksi, 5) faktor mengelola pengembangan dan pengadaan bahan pustaka, 6) faktor mengelola promosi perpustakaan dan bimbingan minat baca, 7) faktor mengelola pelestarian dan perawatan koleksi perpustakaan. Masing-masing faktor/variabel terdiri dari deskripsi kerja kepala perpustakaan yang telah dirinci sesuai pengelompokkannya, sedangkan dimensi kerja yang paling dominan dikerjakan oleh kepala perpustakaan Sekolah Menengah Pertama di Kota Malang adalah tugas sebagai pengelola layanan perpustakaan.
Atas dasar kesimpulan dari hasil penelitian, saran-saran yang dikemukakan adalah sebagai berikut: (1) Kepala Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Se-Kota Malang disarankan untuk selalu memberikan pelayanan perpustakaan yang terbaik bagi para pengunjung, dengan menyediakan jenis layanan perpustakaan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan pengunjung, yang dilengkapi dengan sistem layanan yang modern dengan pengembangan komputerisasi yang dapat mempermudah pengunjung dalam mencari bahan pustaka, serta menerapkan tata tertib dalam pelayanan perpustakaan yang telah ditentukan sebelumnya dengan sebaik-baiknya; (2) Kepala Sekolah Menengah Pertama Se-Kota Malang hendaknya senantiasa melakukan pembinaan bagi tenaga pustakawan melalui berbagai pelatihan mengenai ketatausahaan perpustakaan, dan sebagainya sehingga kinerja mereka bisa lebih ditingkatkan lebih profesional; (3) perpustakaan SMP se-Kota Malang, terutama di SMP-SMP yang berada di daerah pinggiran agar lebih memperhatikan kondisi perpustakaan sekolah baik pengadaan bahan pustaka yang menjadi koleksi perpustakan, kualitas fisik, kualitas sarana penunjang pembelajaran serta kualitas tenaga-tenaga pengajarnya, sehingga tidak terlalu jauh tertinggal dengan perpustakaan di SMP-SMP yang berada di daerah perkotaan; (4) Universitas Negeri Malang dan Jurusan Administrasi Pendidikan, hendaknya mengadakan kegiatan-kegiatan pelatihan, seminar kepala perpustakaan sekolah agar pekerjaan yang dilaksanakan dapat dengan baik dan penuh semangat dijalankan untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal sehingga mereka dapat meningkatkan mutu dan kualitas mereka sebagai kepala perpustakaan sekolah dalam turut memajukan pendidikan dan memperlancar program belajar mengajar melalui penyediaan bahan pustaka secara lebih profesional; (5) Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya melakukan penilaian atas spesifikasi jabatan dari calon kepala perpustakaan sekolah yang akan ditugaskan, sehingga mereka yang terpilih menjadi kepala perpustakaan sekolah mempunyai mutu dan kualitas kerja yang tinggi demi kemajuan pendidikan di sekolahnya; (6) para peneliti dan akademisi yang berkecimpung dalam Bidang Perpustakaan, khususnya pada kajian teori deskripsi kerja kepala perpustakaan, hendaknya melakukan penelitian lebih mendalam terhadap temuan deskripsi kerja kepala perpustakaan ini dengan cara melakukan penelitian baik dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif serta tidak menggunakan satu macam alat pengumpul data saja, misalnya melakukan wawancara dan partisipasi langsung. Di samping itu temuan-temuan penelitian ini dapat dijadikan wacana pengembangan teori-teori jabatan kepala perpustakaan agar bisa mengembangkan fungsi perpustakaan secara optimal bagi seluruh warga sekolah sebagai pengguna perpustakaan.